FAKULTAS SYARI’AH

Fakultas Syari’ah adalah fakulutas tertua di IAID, bahkan merupkan fakultas pertama yang ada di Kabupaten Ciamis. Fakultas Syari'ah IAID didirikan berdasarkan SK Direktur Direktorat Perguruan Tinggi Agama No. Dd/I/PT/3/Nc.B-IV/3/50.336/1972 tanggal 14 Maret 1972. Visi Fakultas Syari’ah adalah menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi di bidang ilmu syari’ah yang berwawasan keindonesiaan, keilmuan yang maju dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan akhlakul karimah untuk memajukan peradaban dan memperkaya kebudayaan umat manusia pada umumnya dan bangsa Indonesia pada khususnya.

Sementara itu misi Fakultas Syari’ah adalah menyelenggarakan pendidikan, pengajaran dan pengabdian pada masyarakat di bidang ilmu syari’ah dan ilmu lainnya yang terkait yang berwawasan ke-Indonesiaan, keilmuan yang maju dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan akhlakul karimah untuk memperkaya kebudayaan umat manusia pada umumnya dan bangsa Indonesia pada khususnya.

Demi mendukung tercapainya visi dan misi tersebut, Fakultas Syari’ah IAID Ciamis Jawa Barat telah memiliki berbagai fasilitas yang cukup memadai untuk kegiatan belajar dan mengajar, seperti ruang kuliah, laboratorium, perpustakaan, ruang dosen yang representatif untuk konsultasi, ruang pertemuan ilmiah, ruang sidang munaqasyah, juga tempat parkir yang luas dan aman.

Fakultas Syari’ah memiliki dua jurusan/program studi, yaitu :

  • Ahwal al-Syakhshiyyah  (Hukum Keluarga). Jurusan/Program Studi ini merupakan pengembangan dari jurusan Peradilan Agama . Jurusan/Program Studi ini mendidik mahasiswa untuk menjadi sarjana yang menguasai ilmu hukum Islam dengan konsentrasi pada hukum keluarga Islam. Mereka diarahkan untuk memiliki kompetensi sebagai praktisi dan konsultan hukum di Pengadilan Agama dan peneliti muda di bidang hukum keluarga Islam.
  • Ekonomi Syari`ah (ESy). Jurusan/Program Studi ini bertujuan menghasilkan sarjana yang memiliki kompetensi professional dalam bidang ekonomi syari’ah yang berbasis pesantren. Menghasilkan peneliti dalam bidang kajian ekonomi masyarakat yang berbasis pesantren serta mempublikasikannya pada jurnal nasional dan internasional yang bereputasi. Melakukan pengabdian terhadap masyarakat dalam rangka peningkatan taraf ekonomi masyarakat yang mandiri dan sejahtera berbasis kepesantrenan.

Visi

Menjadi Fakultas Pelopor yang Unggul dalam Pengkajian, Penerapan, dan Diseminasi Ilmu-Ilmu Syariah dan Ekonomi Islam yang Berbasis Pondok Pesantren di Lingkungan PTKI di Indonesia pada tahun 2030

Misi

  • Menjalankan pendidikan dan pengajaran dalam bidang Ilmu-Ilmu Syariah dan Ekonomi Islam secara teoretis, praktis, dan analitis yang berbasis nilai-nilai pesantren.
  • Melaksanakan dan mengembangkan penelitian yang memiliki unsur kebaruan pada bidang Ilmu keluarga Islam (Ahwal Syaiksiyyah) dan Ekonomi Syari’ah.
  • Menjalankan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dalam penguatan pada bidang Ilmu keluarga Islam (Ahwal Syaiksiyyah) dan Ekonomi Syari’ah.
  • Menghasilkan Lulusan yang memiliki kompetensi unggul dalam penguasaan bidang Ilmu keluarga Islam (Ahwal Syaiksiyyah) dan Ekonomi Syari’ah.
  • Menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga baik pemerintah, non pemerintah, lembaga pendidikan, pesantren, perusahaan, dan pihak lain dalam penguatan institusi dan perluasan jejaring.

 

  • Pembaharuan terakhir 2021-11-16 17:22:30 11751 hits

KOMENTAR

Hari Gini! Masih Menunda-nunda

Jika Kamu Berada Di Sore Hari, Jgn Kau Tunggu Pagi Hari. Dan Jika Kau Berada Di Pagi Hari, Janganlah Menunggu Sore Hari. Ambillah Persiapan Saat Engkau Sehat Utk Menghadapi Masa Sakitmu Dan Saat Hidupmu Utk Sesudah Kematianmu

TOP