SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN PADA ANAK BERBASIS NEUROSAINS


Darussalam Ciamis- Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Agama Islam Darussalam Ciamis sukses menyelenggarakan seminar nasional pada tanggal 25 Februri 2023 dengan tema “PENDIDIKAN ANTI KEKERASAN PADA ANAK BERBASIS NEUROSAINS”.

Acara yang menghadirkan narasumber luar biasa yang sudah ahli di dunia praktisi dan akademisi yaitu Prof. Dr. Ir. Hj. Netty Herawati, M.Si. ketua umum HIMPAUDI Pusat, anggota BAN PAUD PNF Pusat dan Guru Besar Universitas Riau.

Acara ini dihadiri oleh Dr. Hj. N Hani Herlina, S.Ag., M.Pd. sebagai Rektor Institut Agama Islam Darussalam Ciamis dan Hj. Kania Ernawati Herdiat, S.Sos, M.Si. Bunda PAUD Kabupaten Ciamis, Aswarek, Dekan dan juga ketua prodi IAID Ciamis.

Seminar yang di laksanakan secara hybrid dan di siarkan langsung di kanal Youtube resmi IAID ciamis tersebut dihadiri oleh 472 peserta. peserta yang hadir baik secara online ataupun ofline yang mengikuti acara secara langsung di Gedung Nadwatul Ummah Pondok Pesantren Darussalam hadir dari perwakilan HIMPAUDI, IGRA, IGTKI, BKPRMI, PGRI, PGM, Guru SD/MI, Guru PAUD, dan juga dihadiri oleh mahasiswa, orang tua, dan umum.


Pada kesempatan kali ini Dr. Soni Samsu Rizal, M.Pd.I. Ketua Prodi PIAUD IAID Ciamis menyampaikan bahwa acara ini begitu penting bagaimana pendidikan anti kekerasan itu tidak boleh terjadi di dunia pendidikan, beliau mengutip perkataan menteri pendidikan indonesia yaitu jangan sampai dunia pendidikan itu menjalankan atau mengalami 3 dosa besar, yang pertama bulying (keperundungan), intoleransi dan juga kekerasan seksual.

Dr. Hj. N Hani Herlina Rektor IAID Ciamis menambahkan bahwa memang saat ini sedang begitu banyak kasus-kasus kekerasan terutama pada anak dan peserta didik, baik kekerasan secara fisik atau secara psikis atau juga pelecehan seksual. Kita semua wajib baik pemerintah, masyarakat, keluarga dan orang tua bertangung jawab atas perlindungan anak.

Apakah Anda Punya Sifat Munafik?

Dari Abdillah Bin 'Amr Bin Al-'Ash Ra. Bahwa Rasulullah Saw Bersabda: "Barangsiapa Yang Memiliki Empat Sifat Maka Ia Munafik Murni Dan Barangsiapa Memiliki Satu Darinya, Berarti Ia Mempunyai Satu Sifat Munafik, Yaitu Jika Diberi Amanat Ia Berkhianat, Bila Bicara Ia Dusta, Jika Berjanji Ia Mengingkari Dan Jika Bersengketa Ia Membongkar Rahasia Terdahulu."

TOP