HMPS IAT MERIAHKAN KEGIATAN HARLAH PRODI ILMU AL-QURAN DAN TAFSIR INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM CIAMIS

HARLAH PRODI ILMU AL-QURAN DAN TAFSIR

HARLAH PRODI ILMU AL-QURAN DAN TAFSIR


Memperingati hari kelahiran selalumenjadi agenda tahunan yang dinantikan oleh siapa saja. Tentu, karena kelahiranadalah bagian dari penanda sejarah yang paling vital. Sehingga tak ada seorangpun yang menjadikan momen tersebut sebagai angin lalu.

            Begitupun dengan apa yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qurandan Tafsir (HMPS IAT) IAID Ciamis pada Minggu-Rabu (27-30/11/22) adalah bentukdari perayaan atas hari ulang tahun Prodi IAT. Perayaan tersebut diekspresikandalam berbagai kegiatan, yang di antaranya adalah Tasmi’ Al-Quran 30 Juz, LombaTes Wawasan Keagamaan (TWK), dan Seminar Tafsir Nasional.


1. Tasmi’Al-Quran 30 Juz

Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 27 November 2022 diPondok Pesantren Darussalam Kampus Pawindan. Adapun partisipannya adalah hafidzdan hafidzoh Mahiswa IAT itu sendiri. Dengan kegiatan tersebut, merekaberoda bersama untuk Prodi IAT yang lebih baik.

2. Lomba Tes Wawasan Keagamaan (TWK)

Kegiatan ini dilaksankan pada 27-28 November 2022 di Gedung AulaSudirman (hari pertama), dan Aula Dinas Pendidikan Ciamis (hari kedua).Kegiatan ini diikuti oleh 10 SMA sederajat se-Kabupaten Ciamis.

Adapun yang berhasil keluar menjadi pemenangnya adalah: MAMa’arif NU Utsmaniyah (juara pertama), MA Persis 109 Kujang (kedua), dan MANurul Huda Kawali (ketiga). Juara pertama mendapatkan hadiah berupa tropi, uangpembinaan sebesar Rp. 1.000.000. Juara kedua mendapatkan tropi dan uangpembinaan sebesar Rp. 750.000. Dan juara ketiga mendapatkan tropi dan uangpembinaan sebesar Rp. 500.000.

3. Seminar Tafsir Nasional

Kegiatan ini dilaksanakan pada, Rabu 30 November 2022 di AulaDinas Pendidikan Ciamis. Dengan mengusung tema “Ethico-Moral Teaching dalamAl-Quran dan Proyeksinya terhadap Generasi Insan Kamil”, HMPS IAT menghadirkanpemateri; Dr. Achmad Lutfi, S.Ag., M.S.I. seorang dosen IAIN Syekh NurjatiCirebon dan pemanitik; Ahmad Labib Majdi, M.A dosen IAID Ciamis (penulis bukuEkumenisme Islam Awal).


Diakhir seminar, panitia melakukan galang dana sosial untuk diberikankepada korban bencana gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

Kegiatan dipungkas denganhiburan berupa live music, dan IAT Awards oleh, dan untukProdi IAT Institut Agama Islam Darussalam Ciamis.

Optimis Dan Positive Thingkinglah Kepada Allah !

Aku Adalah Menurut Persangkaan Hamba-Ku Kepada-Ku.Dan Aku Bersamanya Sepanjang Ia Ingat Kepada-Ku. Jika Ia Menyebut-Ku Dalam Dirinya, Maka Aku Menyebutnya Dalam Diri-Ku. Ketika Ia Menyebut-Ku Ditengah-tengah Sekelompok Orang, Maka Aku Menyebutkannya Di Tengah-tengah Kelompok Yang Lebih Baik Dari Mereka (kelompok Malaikat).

TOP