IAID CIAMIS GELAR KEGIATAN TAMADA TAHUN 2022



Sambut mahasiswa baru, Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis gelar Ta'aruf Mahasiswa Darussalam (TAMADA) Jum'at, 23 September 2022 secara luring bertempat di gedung Nadwatul Ummah IAID Ciamis. Pelaksanaan Ta'aruf Mahasiswa Darussalam IAID Ciamis berlangsung selama 3 hari, dan berakhir Minggu, 25 September.

Kegiatan TAMADA tersebut dilaksanakan dalam rangka mengenalkan apa saja yang berhubungan dengan perkuliahan dan pengenalan nilai-nilai ke-Darussalam-an. Materi yang disajikan diantaranya adalah Implementasi Tri Jiwa Darussalam dan Tri Darma Perguruan Tinggi, kerukunan hidup beragama dalam membangun kerukunan bangsa, relevansi tauhid dalam mewujudkan persaudaraan universal. Materi-materi itu serta strategi penyampaianya akan menjadi kesan pertama yang sangat penting bagi mahasiswa baru.

Pelaksanaan TAMADA tahun ini diikuti oleh 411 peserta/mahasiswa baru dari 7 program studi program sarjana, yaitu (1) Ahwal Al-Syaikhsiyah/AS sebanyak 26 peserta, (2) Ekonomi Syari’ah/EKOS sebanyak 41 peserta, (3) Pendidikan Guru Agama Islam/PAI sebanyak 139 peserta, (4) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/PGMI 92 peserta, (5) Pendidikan Islam Anak Usia Dini/PIAUD sebanyak 39 peserta, (6) Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir/IAT 32 peserta. (7) Manajemen Bisnis Syariah/MBS sebanyak 31 peserta.

Selamat menjadi mahasiswa dan bergabung di ranah pembentukan, Muslim Moderat Mukmin Demokrat dan Muhsin Diplomat, ranah indah nyiur melambai, Darussalam. Semoga Sukses!

Jangan Pernah Berbakhil, Saudaraku!

Rasulullah Saw. Bersabda :Perumpamaan Orang Yang Pemurah Dan Orang Yang Bersedekah Seperti Seorang Lelaki Yang Memakai Dua Helai Jubah Atau Dua Helai Baju Besi Dari Dadanya Hingga Keatas. Apabila Orang Yang Berbelanja (Dalam Riwayat Lain: Apabila Orang Yang Bersedekah) Ingin Memberi Sedekah, Maka Baju Itu Longgar Buatnya; Dan Apabila Orang Bakhil Ingin Bersedekah, Maka Baju Itu Menjadi Rimas Dan Panas Sehingga Menutupi Jari-jarinya Serta Menghapus Jejaknya. Abu Hurairah Berkata : Orang Yang Bakhil Ingin Melonggarkan Pakaiannya Tetapi Dia Tidak Mampu Melonggarkannya.

TOP