PEMBEKALAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PRODI PGMI

Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi PGMI

Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi PGMI

Darussalam, 03/02/2022. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis melaksanakan kegiatan Pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) pada hari Kamis, Februari 2022. Praktik PengalamanLapangan (PPL) atau Praktik Keguruan adalah seluruh kegiatan yang mencakup latihan mengajar dan tugas-tugas kependidikan, yang harus dilakukan mahasiswa Prodi PGMI tingkat akhir yang telah memenuhi persyaratan  untuk  pembentukan profesi kependidikan. Pelaksanaan PPL menyangkut pelbagai kegiatan intra dan ekstra kurikuler sesuai batasan yang ditetapkan Program Studi PGMI  yang dilaksanakan secara terbimbing dan terpadu oleh mahasiswa prkatikan, dosen pembimbing dan guru pamong di setiap satuan pembelajaran tingkat SD/MI.

Tujuan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yaitu: (1) Terbentuknya pribadi mahasiswa yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan bagi profesi guru, administrator pendidikan serta mampu menangkap makna dari situasi keguruan yang dihadapi; (2) Terbentuknya calon guru berkepribadian pendidik/ guru yang baik dan setia pada profesinya, dan mampu mengembangkan ilmu-ilmu yang sesuai dengan bidang pendidikan dan perkembangan zaman serta cakap menyelenggarakan pendidikan di sekolah dan di luar sekolah; (3)Terbentuknya penghayatan yang mendalam untuk tetap mengkreasikan  dirinya  pada semua kegiatan keguruan, sehingga akhirnya akan  terbentuk  sikap mental dan profile mahasiswa yang mumpuni  sesuai dengan profesinya (sebagai guru SD/MI yang professional); (4) Mempromosikan lulusan IAID khususnya Lulusan Prodi PGMI yang memiliki kualitas terbaik sebagai guru sekaligus pendidik yang selalu memberikan solusi perubahan untuk peningkatan kualitas capaian kelulusan peserta didik tingkat SD/MI serta prilaku kepesantrenan sebagai citra khusus lulusan IAID Ciamis dibawah system kepesantrenan Al-Fadhiliyah Darussalam Ciamis.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Ujang Endang, S.Ag. M.Pd.I. dan Rektor IAID Ciamis Dr. Hj. N. Hani Herlina, S.Ag.,M.Pd.I.. Pada kesempatan tersebut, Rektor IAID membuka kegiatan dan memberikan beberapa arahan kepada para mahasiswa peserta Praktik Pengalaman Lapangan.

Materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut antara lain adalah gambaran umum PPL, Perencanaan Pembelajaran, mekanisme pelaksanaan PPL, dan Tehnik Penyusunan Laporan. Pembekalan ini bertujuan mempersiapkan mahasiswa sebelum diterjukan ke tempat Praktik Pengalaman Lapangan.

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Prodi PGMI akan dilaksanakan pada 3 sampai dengan 25 Februari 2022 yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Ciamis, Pangandaran, dan Kota Banjar. Sedangkan tempat PPL dikondisikan menggunakan sekolah SD/MI di sekitar rumah tempat tinggal peserta kegiatan. Sebanyak 32 orang mahasiswa/i prodi PGMI akan mengikuti kegiatan PPL yang dilaksanakan secara mandiri, karena masih suasana pandemi Covid-19. semoga diberi kesehatan dan kelancaran.

 

Jadilah Pemimpin Bukan Penguasa

Dari Ibnu Umar R.a. Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Kamu Sekalian Adalah Pemimpin Dan Kamu Akan Ditanya Mengenai Kepemimpinanmu. Imam (Penguasa) Adalah Pemimpin Dan Akan Ditanya Mengenai Kepemimpinannya. Seorang Laki-laki Adalah Pemimpin Keluarganya Dan Bertanggung Jawab Mengenai Kepemimpinannya. Istri Adalah Pemimpin Rumah Tangga Suaminya Dan Bertanggung Jawab Atas Kepemimpinannya. Pelayan (buruh) Adalah Pemeliharaharta Majikannya Dan Akan Ditanya Mengenai Pemeliharaannya. Maka Kamu Sekalian Adalah Pemimpin Dan Masing-masing Bertanggung Jawab Atas Kepemimpinannya."

TOP