PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

SPESIFIKASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)

FAKULTAS TARBIYAH

INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM (IAID) CIAMIS JAWA BARAT

 

Nama Program Studi

:

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Jenjang/Strata

:

S1

Tahun Pendirian

:

10 Juli 2007

Nomor SK Pendirian

:

Dj.I/257/2007

Status Akreditasi

:

Terakreditasi B

Ketua Program Studi

:

Ujang Endang, S.Ag., M.Pd.

Sekretaris Program Studi

:

Tanto Aljauharie Tantowie, S.Pd.I., M.Pd.

Visi

:

Menghasilkan guru kelas dan pengelola pendidikan dasar yang profesional dan unggul berbasis pesantren pada tahun 2020

Misi

:

  1. Melaksanakan pendidikan, pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu pendidikan dasar berbasis pesantren.
  2. Memberikan layanan dan tata kelola yang unggul berbasis pesantren.

Tujuan

:

  1. Menghasilkan guru kelas  MI yang berkualitas dan professional
  2. Menghasilkan pengelola pendidikan di tingkat MI yang kompeten
  3. Menghasilkan peneliti yang produktif pada bidang MI
  4. Menjadi program studi yang memiliki tata kelola yang baik dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Profil Lulusan

:

  1. Menjadi Guru Kelas MI/SD
  2. Menjadi Pengelola Pendidikan MI
  3. Menjadi Peneliti bidang Pendidikan Dasar
  4. Menjadi Community leader

Deskripsi Generik Kualifikasi Kurikulum Berbasis KKNI

:

DESKRIPSI UMUM

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  4. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/ temuan original orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

 

DESKRIPSI KUALIFIKASI LEVEL 6 PADA PROGRAM S1 PRODI PGMI

Deskripsi generik level 6 (paragraf pertama)

Mampu memanfaatkan IPTEK dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi dalam situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.

Deskripsi Spesifik:

  1. Mampu memanfaatkan teori-teori kependidikan, psikologi, metodologi penelitian pendidikan dasar di MI/SD.
  2. Menguasai bahan kajian Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika dasar untuk MI/SD.
  3. Mampu menunjukan perilaku islami dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika dasar untuk MI/SD.
  4. Memiliki kemampuan berfikir fleksible dalam menghadapi perubahan IPTEK.

Deskripsi generik level 6 (paragraf kedua)

Menguasai konsep teoretis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian secara prosedural

Deskripsi Spesifik:

  1. Memiliki kemampuan metodologis dalam mengaplikasikan teori pembelajaran, psikologi, evaluasi pembelajaran pada program pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  2. Memiliki kemampuan konseptualisasi dalam memaknai teori pembelajaran, psikologi, evaluasi pembelajaran pada program pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  3. Memiliki kemampuan untuk memahami konsep dalam memaknai teori pembelajaran, psikologi, evaluasi pembelajaran pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  4. Memiliki kemampuan metodologis dalam mengaplikasikan teori pembelajaran Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  5. Memiliki kemampuan konseptualisasi dalam memaknai teori Bahasa indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  6. Memiliki kemampuan untuk memahami konsep dalam teori Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.

Deskripsi generik level 6 (paragraf ketiga)

Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.

Deskripsi Spesifik:

  1. Mampu mengambil keputusan dalam merancang pembelajaran, implementasi pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran meliputi Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika pada Pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  2. Mampu menunjukan komitmen diri, meliputi ucapan, perbuatan, dan performance sebagai guru islami pendidikan tingkat dasar di MI/SD.

Deskripsi generik level 6 (paragraf keempat)

Bertanggungjawab atas pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Deskripsi Spesifik :

  1. Memiliki kemampuan berinisiasi  tentang teori pendidikan dan pembelajaran pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  2. Memiliki kemampuan berinovasi dalam mengaplikasikan teori pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  3. Memiliki tenggung jawab secara keilmuan pedagogis dan konten mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPS, PKn, IPA, dan Matematika pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.

 

Deskripsi Rinci Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Kurikulum Program Studi

:

  1. 1.         Sikap
  2. a.       Capaian Pembelajaran Bidang Sikap Umum

RUMUSAN SIKAP UMUM

 

Setiap lulusan program pendidikan akademik, vokasi, spesialis, dan profesi harus memiliki sikap sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan negara.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.

 

  1. b.      Capaian Pembelajaran Bidang Sikap Khusus

RUMUSAN SIKAP KHUSUS

 

Lulusan program sarjana PGMI wajib memiliki sikap khusus sebagai berikut:

  1. Menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Islaman yang mencakup ketakwaan terhadap Allah SWT, penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, internalisasi nilai dan norma.
  2. Menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Indonesiaan dan kemasyarakatan, meliputi, penghargaan terhadap keanekaragaman, nasionalisme dan tanggungjawab bernegara, dan berbangsa, berdasarkan Pancasila.
  3. Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik.
  4. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya sebagai calon guru pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.

 

  1. 2.       Pengetahuan
  2. a.       Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Umum

RUMUSAN PENGETAHUAN UMUM

 

Lulusan program sarjana PGMI  wajib memiliki pengetahuan umum sebagai berikut:

  1. Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan terkait dengan pengelolaan pembelajaran yang mendidik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif yang dicerminkan dengan kemampuan memahami landasan pendidikan, perkembangan peserta didik, pengembangan kurikulum, landasan pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, penilaian pembelajaran, penguasaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunasi dalam pembelajaran, kemampuan stimulasi peserta didik dalam pengembangan potensi diri dan mengaktualisasikannya secara tepat.
  2. Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan bidang keilmuan secara luas dan mendalam berkaitan dengan konsep, filosofi, metode disiplin keilmuan (body of knowledge) guru kelas(Bahasa Indonesia, PKn, IPS, IPA, dan Matematika) dan relevan dengan tuntutan standar isi satuan pendidikan dalam rangka  mewujudkan pembelajaran yang yang mendidik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif.

 

  1. b.      Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan Khusus

RUMUSAN PENGETAHUAN KHUSUS

 

Lulusan program sarjana PGMI wajib memiliki pengetahuan khusus  sebagai berikut:

  1. Mampu memahami teori tentang keagamaan Islam dan keindonesiaan dalam bernegara dan berbangsa.
  2. Mampu memahami teori tentang kependidikan yang meliputi dasar-dasar pendidikan, psikologi perkembangan anak, psikologi belajar, inovasi pendidikan;
  3. Mampu memahami teori tentang pembelajaran, yang meliputi pedagogik, pengembangan kurikulum, strategi pembelajaran, perencanaan pembelajaran, metode pembelajaran, pembelajaran tematik, media pembelajaran, pengembangan sumber belajar, evaluasi pembelajaran;
  4. Mampu memahami teori tentang kepemimipinan dan pengelolaan pendidikan meliputi manajemen lembaga pendidikan, manajemen berbasis sekolah, administrasi pendidikan dan supervisi pendidikan;
  5. Mampu memahami teori tentang penelitian pendidikan meliputi filsafat ilmu, metode penelitian, statistik, dan penelitian tindakan kelas  pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  6. Memiliki kemampuan berfikir filosofis dan logis.
  7. Memiliki kemampuan memahami konsep Bahasa Indonesia, PKN, IPS, IPA, Matematika, dan PAI SD pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.

 

 

  1. 3.       Keterampilan
  2. a.       Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Umum

RUMUSAN KETERAMPILAN UMUM

 

Lulusan Program Sarjana PGMI wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi.

 

  1. b.      Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus

RUMUSAN KETERAMPILAN KHUSUS

 

Lulusan program sarjana PGMI wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

  1. Terampil dalam menerapkan teori pedagogi pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  2. Terampil mengaplikasi teori pembelajaran pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  3. Terampil mengaplikasi teori psikologi perkembangan peserta didik dan psikologi belajar pada pendidikan tingkat dasar MI/SD.
  4. Terampil menganalisis kurikulum pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  5. Terampil mendesain strategi pembelajaran pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  6. Terampil mempersiapkan dan menerapkan media pembelajaran pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  7. Terampil merancang dan menerapkan evaluasi pembelajaran pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  8. Terampil merancang manajemen pendidikan yang kondusif pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  9. Mampu mengaplikasikan teori pembelajaran Bahasa Indonesia pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  10. Mampu mengaplikasikan teori pembelajaran PKN pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  11. Mampu mengaplikasikan teori pembelajaran IPS pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  12. Mampu mengaplikasikan teori pembelajaran IPA pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  13. Mampu mengaplikasikan teori pembelajaran Matematika MI/SD.
  14. Mampu melakukan riset seluruh aspek pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  15. Mampu mengaplikasikan konsep pengelolaan pendidikan pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  16. Mampu melaksanakan penelitian tindakan kelas pada pendidikan tingkat dasar di MI/SD.
  17. Mampu menjadi pemimpin di lingkungan sekolah dan masyarakat.

 

 

Struktur Kurikulum

Semester 1

NO

MATA KULIAH

SKS

 
 

1

Al-qur'an

2

 

2

Akidah Akhlak

2

 

3

Pend. Pancasila

2

 

4

Bahasa Indonesia 1

2

 

5

Bahasa Inggris 1

2

 

6

Ahlussunnah waljama'ah

2

 

7

IPS 1

2

 

8

Pedagogik Pendidikan Dasar

2

 

9

Filsafat Ilmu

2

 

10

Dasar-dasar Pendidikan

2

 

 

Semester 2

NO

MATA KULIAH

SKS

 
 

1

Al-Hadits

2

 

2

Fiqh

2

 

3

Bahasa Arab 1

2

 

4

Metode Baca Tulis Al-Qur'an

2

 

5

Pend. Kewarganegaraan

2

 

6

Bahasa Indonesia 2

2

 

7

Bahasa Inggris 2

2

 

8

IPS 2

2

 

9

Matematika 1

3

 

10

Psikologi Perkembangan

2

 

 

Semester 3

NO

MATA KULIAH

SKS

 
 

1

Dasar-dasar PKn SD/MI

2

 

2

IPA 1

3

 

3

Matematika 2

3

 

4

Perkembangan Peserta Didik

2

 

5

Psikologi Belajar

2

 

6

Strategi Pembelajaran

2

 

7

Media Pembelajaran

2

 

8

Teknologi Informasi dan Komunikasi

2

 

9

Administrasi Pendidikan

2

 

10

Pembelajaran Bahasa Arab MI

2

 

 

Semester 4

NO

MATA KULIAH

SKS

 
 

1

IPA 2

3

 

2

SKI

2

 

2

Matematika 3

3

 

3

Bimbingan Konseling

2

 

4

Pengembangan Sumber Belajar

2

 

5

Evaluasi Pembelajaran

2

 

6

Pengembangan Kurikulum SD/MI

2

 

7

Pembelajaran Qur'an Hadits MI

2

 

9

Pendidikan Bahasa Daerah MI/SD *)

2

 

Sosiologi Antropologi Pendidikan *)

 

10

Administrasi Pendidikan

2

 

 

Semester 5

NO

MATA KULIAH

SKS

 
 

1

Filsafat Pendidikan Islam

2

 

2

Perenc. Pembelajaran

2

 

3

Pembelajaran Aqidah Akhlak MI

2

 

4

Pembelajaran Fiqh MI

2

 

5

Pembelajaran  SKI MI

2

 

6

Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI

3

 

7

Pembelajaran IPA SD/MI

3

 

8

Pembelajaran IPS SD/MI

2

 

9

Pembelajaran Tematik

2

 

10

Inovasi Pendidikan

2

 

 

Semester 6

NO

MATA KULIAH

SKS

 
 

1

Profesi Keguruan

2

 

2

Pembelajaran PKn SD/MI

2

 

3

Pembelajaran Matematika SD/MI

3

 

4

Statistik Pendidikan

2

 

5

Metodologi Penelitian

2

 

6

Supervisi Pendidikan

2

 

7

Penjaskes SD/MI

2

 

10

Pendidikan Kewirausahaan

   

9

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

4

 

 

Semester 7

NO

MATA KULIAH

SKS

 
 

1

Penelitian Tindakan Kelas

2

 

2

Microteaching / PPL 1

2

 

3

Teknik Penulisan Skripsi

2

 

4

Manajemen Lembaga Pendidikan Islam *)

2

 

Manajemen Berbasis Sekolah *)

 

5

Pendidikan Kewirausahaan

2

 

6

Pendidikan Kesenian (Seni Rupa, Seni Tari & Seni Derama)

2

 

7

Teori Kepemimpinan

2

 

 

 

Semester 8

NO

MATA KULIAH

SKS

 
 

1

PPL 2

2

 

2

Ujian Komprehensif

2

 

3

Skripsi

6

 
  • Pembaharuan terakhir 2018-11-22 16:02:40 6222 hits

Waspada Perang Pemikiran

Rasulullah Bersabda : "Sungguh Kalian Akan Mengikuti Cara-cara Hidup Umat Sebelum Kalian, Sedepa Demi Sedepa, Sehasta Demi Sehasta, Sejengkal Demi Sejengkal, Sampai Mereka Masuk Lubang Biawakpun, Niscaya Kalian Akan Memasukinya Bersama Mereka". Para Sahabat Bertanya :"Apakah Mereka Itu Yahudi Dan Nasrani, Wahai Rasul". Beliau Menjawab:"Siapa Lagi?!"

TOP