SPESIFIKASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD) FAKULTAS TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM (IAID) CIAMIS JAWA BARAT.
Nama Program Studi |
: |
PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD) |
Jenjang/Strata |
: |
S-1 |
Tahun Pendirian |
: |
2012 |
Nomor SK Pendirian |
: |
1891 Tahun 2012 |
Status Akreditasi |
: |
TERAKREDITASI B |
Ketua Program Studi |
: |
SONI SAMSU RIZAL, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Sekretaris Program Studi |
: |
SAEFUL MILLAH, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Visi |
: |
Menjadi program studi unggul dalam menghasilkan guru dan pengelola program PAUD profesional, kreatif, dan inovatif yang berbasis pada nilai-nilai kepesantrenan pada tahun 2021 |
Misi |
: |
|
Tujuan |
: |
|
Profil Lulusan |
: |
Profil utama: Guru dan Pengelola Program Pendidikan Anak Usia Dini (RA, BA, KB,TKA, TPA, dan Satuan PAUD sejenis /SPS)
Profil tambahan:
|
Deskripsi Generik Kualifikasi Kurikulum Berbasis KKNI |
: |
Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:
|
Deskripsi Rinci Capaian Pembelajaran Kurikulum Program Studi
RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARANPROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD) |
|
RUMUSAN SIKAP UMUM |
Setiap lulusan program pendidikan akademik, vokasi, spesialis, dan profesi harus memiliki sikap sebagai berikut :
|
|
RUMUSAN SIKAP KHUSUS |
Lulusan program sarjana PIAUD diharapkan memiliki sikap khusus sebagai berikut.
|
|
RUMUSAN PENGETAHUAN UMUM |
Lulusan program sarjana PIAUD diharapkan memiliki pengetahuan umum sebagai berikut :
|
|
RUMUSAN PENGETAHUAN KHUSUS |
Lulusan program sarjana PIAUD diharapkan memiliki pengetahuan khusus sebagai berikut:
|
RUMUSAN KETERAMPILAN UMUM |
Lulusan Program Sarjana PIAUD diharapkan memiliki keterampilan umum sebagai berikut:
|
|
RUMUSAN KETERAMPILAN KHUSUS |
Lulusan program sarjana PIAUD diharapkan memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:
|
Struktur Kurikulum
Semester 1
No. |
Nama Matakuliah |
SKS |
1 |
Pendidikan Pancasila |
2 |
2 |
Al-Qur’an |
2 |
3 |
Al-Hadits |
2 |
4 |
Bahasa Inggris |
2 |
5 |
Bahasa Indonesia |
2 |
6 |
Pengantar dan Landasan Pendidikan |
2 |
7 |
Filsafat Ilmu |
2 |
8 |
Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini |
2 |
9 |
Kewirausahaan |
2 |
10 |
Pendidikan Akhlak |
2 |
Semester 2
No. |
Nama Matakuliah |
SKS |
1 |
Media Pembelajaran dan TIK untuk AUD |
2 |
2 |
Pendidikan Anak dalam Keluarga |
2 |
3 |
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar |
2 |
4 |
Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini |
2 |
5 |
Bimbingan Konseling Anak |
2 |
6 |
Psikologi Belajar Anak Usia Dini |
2 |
7 |
Metodologi Studi Islam |
2 |
8 |
Bahasa Arab untuk Anak |
2 |
9 |
Pendidikan Kewarganegaraan |
2 |
10 |
Ahlu Sunnah wal Jama’ah |
2 |
Semester 3
No. |
Nama Matakuliah |
SKS |
1 |
Pembelajaran Bahasa Inggris untuk AUD |
2 |
2 |
Pembelajaran Teknik Bercerita PAUD |
2 |
3 |
Pengembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini |
3 |
4 |
Musik untuk Anak Usia Dini |
2 |
5 |
Psikologi Perkembangan Anak |
2 |
6 |
Pembaharuan Pembelajaran PAUD |
2 |
7 |
Belajar dan Pembelajaran PAUD |
2 |
8 |
Administrasi PAUD |
2 |
9 |
Filsafat Pendidikan Islam |
2 |
10 |
Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini |
3 |
Semester 4
No. |
Nama Matakuliah |
SKS |
1 |
Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini |
3 |
2 |
Pengembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini |
3 |
3 |
Seni Rupa untuk AUD |
3 |
4 |
Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk AUD |
2 |
5 |
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) |
2 |
6 |
Alat Permainan Edukatif |
2 |
7 |
Pengembangan Kognitif dan Kreativitas Anak Usia Dini |
3 |
8 |
Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini |
3 |
Semester 5
No. |
Nama Matakuliah |
SKS |
1 |
Bermain dan Permainan Anak |
3 |
2 |
Evaluasi Kegiatan Pembelajaran AUD |
2 |
3 |
Pembelajaran Al-Qur'an untuk Anak |
2 |
4 |
Metodologi Penelitian |
2 |
5 |
Pendidikan Jasmani untuk AUD |
2 |
6 |
Pembelajaran Sains untuk AUD |
2 |
7 |
Pembelajaran Matematika untuk AUD |
2 |
8 |
Pengelolaan Lembaga PAUD Berbasis Pesantren |
2 |
9 |
Terapi Anak Berkebutuhan Khusus |
2 |
Pengelolaan Pembelajaran PAUD Inklusif |
Semester 6
No. |
Nama Matakuliah |
SKS |
1 |
Pengembangan Kurikulum PAUD |
2 |
2 |
Sendra Tari Anak Usia Dini |
2 |
3 |
Manajemen Penyelenggaraan PAUD |
2 |
4 |
Penelitian Tindakan Kelas |
2 |
5 |
Statistik Dasar |
3 |
6 |
Micro Teaching |
3 |
7 |
Kuliah Kerja Nyata (KKN) |
4 |
8 |
Analisis Kebijakan dalam PAUD Inklusif |
2 |
Isu Gender dalam Kepemimpinan PAUD |
||
Menggambar/Melukis Dasar |
||
PAUD Lintas Budaya |
||
12 |
Desain Interior dan Eksterior di PAUD |
|
13 |
Outbond Kids |
Semester 7
No. |
Nama Matakuliah |
SKS |
1 |
Profesi Kependidikan |
2 |
2 |
Supervisi PAUD |
2 |
3 |
Teknik Penulisan Skripsi |
2 |
4 |
Teori Kepemimpinan |
2 |
5 |
Program Pengalaman Lapangan (PPL) |
4 |
6 |
Pendidikan Multikultural Anak |
2 |
7 |
Pengembangan Diri |
2 |
Desain Grafis dan Animasi |
||
Kepemimpinan dalam PAUD Inklusif |
||
Manajemen PAUD Inklusif |
Semester 8
No. |
Nama Matakuliah |
SKS |
1 |
Ujian Komprehensif |
2 |
2 |
Skripsi |
6 |
- Pembaharuan terakhir 2018-11-22 16:03:45 4958 hits