PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (S2)

SPESIFIKASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (S-2)


Nama Program Studi

:

Pendidikan Agama Islam (PAI)

Jenjang/Strata

:

Magister (S-2)

Tahun Pendirian

:

2003

Nomor SK Pendirian

:

Dj.II/306/2003

Status Akreditasi

:

“B” berdasarkan SK BAN-PT No. 1156/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2015

Ketua Program Studi

:

Dr. H. Husni, M.Pd.

Sekretaris Program Studi

:

Selamet, S.Pd.I., M.Pd.I.

 
Visi:
Pada tahun 2025 menjadi program studi unggul dalam kajian Pendidikan Agama Islam melalui integrasi budaya akademik dan tradisi kepesantrenan.
Misi
Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengembangan Pendidikan Agama Islam yang bermutu dan bercirikan pondok pesantren.
Mengembangkan moderasi, sikap toleran, dan inklusif.
Tujuan
Menghasilkan lulusan yang unggul, berwawasan pondok pesantren, bersikap moderat, toleran, dan inklusif.
Terciptanya suasana dan budaya akademik yang menghargai kejujuran, prestasi, kedisiplinan, tanggung jawab, dan kreativitas.
Profil Lulusan
P1: Dosen Pendidikan Agama Islam
P2: Guru Pendidikan Agama Islam
P3: Peneliti bidang Pendidikan Agama Islam  
 
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
1. Sikap dan Tata Nilai

S.1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

S.2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

S.3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

S.4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

S.5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S.6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

S.7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

S.8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S.9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S.10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

S.11

Bersikap toleran, moedarat, inklusif, dan terbuka dalam menghadapi berbagai perbedaan pandangan dan keyakinan.

 
2. Keterampilan Umum

KU.1

Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah dalam disiplin Pendidikan Agama Islam yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal nasional ber-ISSN atau jurnal ilmiah terakreditasi ;

KU.2

Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang Pendidikan Agama Islam dalam menyelesaikan masalah di masyarakat melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

KU.3

Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

KU.4

Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

KU.5

Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

KU.6

Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

KU.7

Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;

KU.8

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 
3. Keterampilan Khusus

KK.1

Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang bermakna, bermutu, moderat, inklusif, dan toleran.

KK.2

Mampu mengembangkan strategi pembelajaran (learning strategies development) Pendidikan Agama Islam yang bermutu dan bermakna;

KK.3

Mampu melaksanakan penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Agama Islam;

KK.4

Mampu menyusun, mempresentasikan, dan mendiseminasikan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam;

KK.5

Mampu memecahkan problem-problem dalam aktivitas pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam;

 
4. Pengetahuan

P.1

Menguasai konsep dan landasan normatif Pendidikan Agama Islam dari sumber al-Qur’an, al-Hadis, dan pemikiran para ulama klasik dan kontemporer;

P.2

Menguasai secara mendalam filsafat dan landasan ilmu pendidikan Islam;

P.3

Menguasai teori-teori terkini di bidang Pendidikan Agama Islam;

P.4

Menguasai teori-teori pendidikan multikultural dalam relasinya dengan teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam;

P.5

Menguasai teori-teori pendidikan karakter dalam hubungannya dengan teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

 

 

 


Pemetaan CPL Program Studi dan Bahan Kajian

 

Kode

Rumusan CPL Prodi

Bahan Kajian (BK …)

 

 

 

Keterangan

01

02

03

04

05

06

07

08

09

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

S.1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

X

X

 

X

X

 

 

 

X

 

X

 

 

X

X

X

X

X

X

X

 

 

 

 

X

 

BK01: Studi Al-Qur’an 

BK02: Studi Al-Hadis

BK03: Filsafat Ilmu

BK04: Filsafat Pendidikan Islam

BK05: Ilmu Pendidikan Islam

BK06: Metodologi Penelitian Pendidikan

BK07: Pengembangan Strategi Pembelajaran PAI

BK08: Teori dan Model Pembelajaran PAI

BK09: Psikologi Pembelajaran PAI

BK10: Pengembangan Evaluasi Pembelajaran PAI

BK11: Pondok Pesantren dan Pendidikan  Multikultural

BK12: Pendekatan dan Model Kurikulum PAI

BK13: Statistik Pendidikan

BK14: Pembelajaran PAI untuk Anak Usia Dini

BK15: Pembelajaran PAI untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (PAI-SD/MI)

BK16: Pendidikan dan Pembelajaran Qur’an Hadis

BK17: Pendidikan dan Pembelajaran Akidah Akhlak

BK18: Pendidikan dan Pembelajaran Fikih dan Ushul Fikih

BK19: Pendidikan dan Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam

BK20: Pendekatan Studi Islam

BK21: Isu-isu Kontemporer Pendidikan Agama Islam

BK22: Tesis

BK23: Artikel Ilmiah Ujian Komprehensif

BK24: `Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran PAI

BK25: Pendidikan Agama Islam dan Multikulturalisme

BK26: Seminar Proposal Tesis

 

S.2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

X

X

X

X

 

 

X

 

X

 

X

 

 

X

X

 

X

 

X

X

X

 

 

 

X

 

S.3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

X

X

 

X

 

X

 

 

 

 

X

 

 

X

X

 

X

 

X

X

X

 

 

 

X

 

S.4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

X

X

 

X

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

X

 

X

 

X

 

 

 

 

 

X

 

S.5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

X

X

X

X

 

X

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

X

 

S.6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

X

X

X

X

X

X

 

X

X

 

X

 

 

X

X

 

X

 

 

X

X

 

 

 

X

 

S.7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

X

X

X

X

 

X

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

X

 

S.8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

 

 

X

X

X

X

 

X

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

X

X

 

X

X

S.9

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

X

X

X

X

 

X

 

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

 

 

X

S.10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

X

X

X

X

S.14

Bersikap toleran, inklusif, dan terbuka dalam menghadapi berbagai perbedaan pandangan dan keyakinan.

X

X

X

X

 

X

 

 

 

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

 

 

 

X

 

KU.1

Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah dalam disiplin Pendidikan Agama Islam yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal nasional ber-ISSN atau jurnal ilmiah terakreditasi ;

 

 

X

X

 

X

X

X

X

X

 

X

X

X

 

 

 

 

 

X

X

X

X

X

 

X

KU.2

Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang Pendidikan Agama Islam dalam menyelesaikan masalah di masyarakat melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

 

 

X

X

X

X

X

X

X

X

 

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

X

 

X

KU.3

Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

 

 

X

X

 

X

 

X

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

 

 

X

KU.4

Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

 

 

 

X

X

X

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

 

 

X

KU.5

Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

 

 

X

X

X

X

 

X

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

 

 

X

KU.6

Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

 

 

X

 

X

X

 

X

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KU.7

Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;

 

 

X

 

 

 

 

X

X

X

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KU.8

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

 

X

 

 

X

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

X

X

X

 

 

X

KK.1

Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang bermakna, bermutu, moderat, toleran, dan inklusif

 

 

 

 

 

 

X

X

X

X

X

X

 

X

X

X

X

X

X

X

 

 

 

X

X

 

KK.2

Mampu mengembangkan strategi pembelajaran (learning stratgies development) Pendidikan Agama Islam yang bermutu dan bermakna;

 

 

 

 

 

 

X

X

X

X

X

X

 

X

X

X

X

X

X

X

 

 

 

X

X

 

KK.3

Mampu melaksanakan penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Agama Islam;

 

 

X

X

 

X

X

X

 

X

 

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

X

 

X

KK.4

Mampu menyusun, mempresentasikan, dan mendiseminasikan artikel  ilmiah hasil penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam;

 

 

X

X

 

X

X

X

X

X

 

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

X

 

X

KK.5

Mampu memecahkan problem-problem dalam aktivitas pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam;

 

 

X

X

 

X

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

X

X

 

 

 

 

P.1

Menguasai konsep dan landasan normatif Pendidikan Agama Islam dari sumber al-Qur’an, al-Hadis, dan pemikiran para ulama klasik dan kontemporer;

X

X

 

X

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

X

 

P.2

Menguasai secara mendalam filsafat dan landasan ilmu pendidikan Islam;

 

 

X

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

P.3

Menguasai perkembangan teori-teori terkini di bidang Pendidikan Agama Islam berbasis inter dan multidisiplin

 

 

 

 

 

 

X

X

 

X

 

 

X

X

X

X

X

X

X

X

X

 

X

 

 

X

P.4

Menguasai teori-teori pendidikan multikultural dalam relasinya dengan teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

X

X

 

P.5

Menguasai teori-teori pendidikan karakter dalam hubungannya dengan teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

X

X

X

X

X

 

 

 

 

 

 

 

 


Struktur Matakuliah

1. Semester 1

No.

Matakuliah

SKS

1

Studi Al-Qur’an (BK-01)

2

2

Studi Al-Hadis (BK-02)

2

3

Filsafat Ilmu (BK-03)

2

4

Ilmu Pendidikan Islam (BK-05)

3

5

Filsafat Pendidikan Islam (BK-04)

2

6

Psikologi Pembelajaran PAI (BK-09)

3

 

Jumlah

14

2. Semester 2

No.

Matakuliah

SKS

1

Pendekatan Studi Islam (BK-20)

2

2

Metodologi Penelitian Pendidikan (BK-06)

3

3

Teori dan Model Pembelajaran PAI (BK-08)

2

4

Pendekatan dan Model Kurikulum PAI (BK-12)

3

5

Isu-isu Kontemporer Pendidikan Agama Islam (BK-21)

2

6

 

 

 

Jumlah

12

3. Semester 3

No.

Matakuliah

SKS

1

Statistik Pendidikan (BK-13)

3

2

Pondok Pesantren dan Pendidikan Multikultural (BK-11)

2

3

Pengembangan Evaluasi Pembelajaran PAI (BK-10)

2

4

Pengembangan Strategi Pembelajaran PAI (BK-07)

2

 

Jumlah

9

 4. Semester 4

No.

Matakuliah

SKS

1

Matakuliah Pilihan

a.       Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran PAI (BK-24)

b.       Pendidikan Agama Islam dan Multikulturalisme (BK-25)

c.        Pendidikan dan Pembelajaran Qur’an Hadis (BK-16)

d.       Pendidikan dan Pembelajaran Akidah Akhlak (BK-17)

e.        Pendidikan dan Pembelajaran Fikih dan Ushul Fikih (BK-18)

f.         Pendidikan dan Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam (BK-19)

g.       Pembelajaran PAI untuk Anak Usia Dini (BK-14)

h.       Pembelajaran PAI untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (PAI-SD/MI) (BK-15)

3

2

Seminar Proposal Tesis (BK-26)

1

3

Artikel Ilmiah Ujian Komprehensif (BK-23)

1

4

Tesis (BK-22)

6

 

Jumlah

10

 

5. Matakuliah Pilihan

1.       Matakuliah pilihan tidak disajikan dalam format kegiatan tatap-muka melainkan melalui bentuk pembelajaran yang lain, yaitu melalui format penulisan artikel ilmiah, dengan bobot 3 sks. Sesuai dengan ketentuan, 1 (satu) sks pada proses pembelajaran ini (tugas penulisan artikel) adalah 170 menit per minggu per semester.

 

2.       Topik ujian komprehensif dan tesis mengacu kepada konsentrasi atau peminatan masing-masing mahasiswa. Konsentrasi atau peminatan pada Program Studi Pendidikan Agama Islam PPs-IAID meliputi:

a.       Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (SP-PAI)

b.       Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (MKP-PAI)

c.        Pendidikan Agama Islam dan Multikulturalisme (PAI-M)

d.       Pendidikan dan Pembelajaran Qur’an Hadis

e.        Pendidikan dan Pembelajaran Akidah Akhlak

f.         Pendidikan dan Pembelajaran Fikih dan Ushul Fikih

g.       Pendidikan dan Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam

h.       Pendidikan Agama Islam untuk Anak Usia Dini (PAI-AUD)

i.        Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (PAI-SD/MI).

  • Pembaharuan terakhir 2022-08-16 11:47:29 7370 hits

KOMENTAR

Apakah Ini Sering Terjadi Pada Anda?

Dari Abu Hurairah R.a. Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Apabila Telah Diserukan Adzan Untuk Shalat Maka Berlari Mundurlah Setan Sambil Terkentut-kentut, Hingga Tidak Terdengar Olehnya Suara Adzan Itu. Apabila Adzan Telah Selesai, Ia Pun Datang Kembali. Kemudian Ia Mengganggu Hati Orang Yang Shalat, Seraya Berkata, 'Ingatlah Ini Dan Ingatlah Itu.' Padahal Yang Demikian Itu Tidak Pernah Diingatnya Sebelum Shalat. Sehingga Orang Yang Shalat Itu Tidak Tahu Lagi, Sudah Berapa Rakaatkah Shalat Yang Dikerjakannya Itu."

TOP