SPESIFIKASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (S-2)
Nama Program Studi |
: |
Pendidikan Agama Islam
(PAI) |
Jenjang/Strata |
: |
Magister (S-2) |
Tahun Pendirian |
: |
2003 |
Nomor SK Pendirian |
: |
Dj.II/306/2003 |
Status Akreditasi |
: |
“B” berdasarkan SK BAN-PT
No. 1156/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2015 |
Ketua Program Studi |
: |
Dr. H. Husni, M.Pd. |
Sekretaris Program Studi |
: |
Selamet, S.Pd.I., M.Pd.I. |
Visi:
Misi
Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengembangan Pendidikan Agama Islam yang bermutu dan bercirikan pondok pesantren.
Mengembangkan moderasi, sikap toleran, dan inklusif.
Tujuan
Menghasilkan lulusan yang unggul, berwawasan pondok pesantren, bersikap moderat, toleran, dan inklusif.
Terciptanya suasana dan budaya akademik yang menghargai kejujuran, prestasi, kedisiplinan, tanggung jawab, dan kreativitas.
Profil Lulusan
P1: Dosen Pendidikan Agama Islam
P2: Guru Pendidikan Agama Islam
P3: Peneliti bidang Pendidikan Agama Islam
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi
1. Sikap dan Tata Nilai
S.1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu
menunjukkan sikap religius; |
S.2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam
menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
S.3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan
Pancasila; |
S.4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan
cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara
dan bangsa; |
S.5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan,
agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
S.6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta
kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S.7 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara; |
S.8 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika
akademik; |
S.9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas
pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
S.10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian,
kejuangan, dan kewirausahaan; |
S.11 |
Bersikap toleran, moedarat, inklusif, dan terbuka dalam menghadapi
berbagai perbedaan pandangan dan keyakinan. |
2. Keterampilan Umum
KU.1 |
Mampu
mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah dalam disiplin Pendidikan
Agama Islam yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang
keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah,
tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara,
dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah
diterbitkan di jurnal nasional ber-ISSN atau jurnal ilmiah terakreditasi ; |
KU.2 |
Mampu melakukan
validasi akademik atau kajian sesuai bidang Pendidikan Agama Islam dalam menyelesaikan masalah di masyarakat melalui
pengembangan pengetahuan dan keahliannya; |
KU.3 |
Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen
saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta
mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat
luas; |
KU.4 |
Mampu
mengidentifikasi bidang
keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu
peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau
multidisiplin; |
KU.5 |
Mampu mengambil
keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan
kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; |
KU.6 |
Mampu mengelola,
mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam
lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; |
KU.7 |
Mampu meningkatkan
kapasitas pembelajaran secara mandiri; |
KU.8 |
Mampu
mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil
penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
3. Keterampilan Khusus
KK.1 |
Mampu
merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Agama
Islam yang bermakna, bermutu, moderat, inklusif, dan toleran. |
KK.2 |
Mampu
mengembangkan strategi pembelajaran (learning strategies
development) Pendidikan
Agama Islam yang bermutu dan bermakna; |
KK.3 |
Mampu melaksanakan
penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Agama Islam; |
KK.4 |
Mampu menyusun,
mempresentasikan, dan mendiseminasikan artikel ilmiah hasil penelitian di
bidang Pendidikan Agama Islam; |
KK.5 |
Mampu memecahkan
problem-problem dalam aktivitas pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam; |
4. Pengetahuan
P.1 |
Menguasai konsep dan landasan normatif Pendidikan
Agama Islam dari sumber al-Qur’an, al-Hadis, dan pemikiran para ulama klasik
dan kontemporer; |
P.2 |
Menguasai secara mendalam filsafat dan landasan ilmu pendidikan Islam; |
P.3 |
Menguasai
teori-teori terkini di bidang Pendidikan Agama Islam; |
P.4 |
Menguasai teori-teori pendidikan multikultural dalam
relasinya dengan teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam; |
P.5 |
Menguasai teori-teori pendidikan karakter dalam hubungannya dengan
teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam. |
Pemetaan CPL Program Studi dan Bahan Kajian
Kode |
Rumusan CPL Prodi |
Bahan Kajian (BK
…) |
|
|
|
Keterangan |
||||||||||||||||||||||
01 |
02 |
03 |
04 |
05 |
06 |
07 |
08 |
09 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
17 |
18 |
19 |
20 |
21 |
22 |
23 |
24 |
25 |
26 |
|||
S.1 |
Bertakwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
X |
X |
|
X |
X |
|
|
|
X |
|
X |
|
|
X |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
|
|
|
X |
|
BK01: Studi Al-Qur’an BK02: Studi Al-Hadis BK03: Filsafat Ilmu BK04: Filsafat Pendidikan Islam BK05: Ilmu Pendidikan Islam BK06: Metodologi Penelitian Pendidikan BK07: Pengembangan Strategi Pembelajaran PAI BK08: Teori dan Model Pembelajaran PAI BK09: Psikologi Pembelajaran PAI BK10: Pengembangan Evaluasi Pembelajaran PAI BK11: Pondok Pesantren dan Pendidikan Multikultural BK12: Pendekatan dan Model Kurikulum PAI BK13: Statistik Pendidikan BK14: Pembelajaran PAI untuk Anak Usia Dini BK15: Pembelajaran PAI untuk Sekolah
Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (PAI-SD/MI) BK16: Pendidikan dan Pembelajaran Qur’an
Hadis BK17: Pendidikan dan Pembelajaran Akidah
Akhlak BK18: Pendidikan dan Pembelajaran Fikih dan
Ushul Fikih BK19: Pendidikan dan Pembelajaran Sejarah
Peradaban Islam BK20: Pendekatan Studi Islam BK21: Isu-isu Kontemporer Pendidikan Agama
Islam BK22: Tesis BK23: Artikel Ilmiah Ujian Komprehensif BK24: `Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran
PAI BK25: Pendidikan Agama Islam dan
Multikulturalisme BK26: Seminar Proposal Tesis
|
S.2 |
Menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral,
dan etika; |
X |
X |
X |
X |
|
|
X |
|
X |
|
X |
|
|
X |
X |
|
X |
|
X |
X |
X |
|
|
|
X |
|
|
S.3 |
Berkontribusi
dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
X |
X |
|
X |
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
X |
X |
|
X |
|
X |
X |
X |
|
|
|
X |
|
|
S.4 |
Berperan
sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme
serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
X |
X |
|
X |
|
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
X |
|
X |
|
X |
|
|
|
|
|
X |
|
|
S.5 |
Menghargai
keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau
temuan orisinal orang lain; |
X |
X |
X |
X |
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
X |
|
|
S.6 |
Bekerja
sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan; |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
X |
X |
|
X |
|
|
X |
X |
|
X |
|
|
X |
X |
|
|
|
X |
|
|
S.7 |
Taat
hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
X |
X |
X |
X |
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
X |
|
|
S.8 |
Menginternalisasi
nilai, norma, dan etika akademik; |
|
|
X |
X |
X |
X |
|
X |
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
|
X |
X |
|
X |
X |
|
S.9 |
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
X |
X |
X |
X |
|
X |
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
|
|
X |
|
S.10 |
Menginternalisasi
semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; |
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
S.14 |
Bersikap toleran, inklusif, dan terbuka dalam menghadapi berbagai
perbedaan pandangan dan keyakinan. |
X |
X |
X |
X |
|
X |
|
|
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
|
|
|
X |
|
|
KU.1 |
Mampu
mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah dalam disiplin Pendidikan
Agama Islam yang memperhatikan dan menerapkan nilai
humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan
hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk
tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan
tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal nasional ber-ISSN atau
jurnal ilmiah terakreditasi ; |
|
|
X |
X |
|
X |
X |
X |
X |
X |
|
X |
X |
X |
|
|
|
|
|
X |
X |
X |
X |
X |
|
X |
|
KU.2 |
Mampu melakukan
validasi akademik atau kajian sesuai bidang Pendidikan Agama Islam dalam menyelesaikan masalah di masyarakat melalui
pengembangan pengetahuan dan keahliannya; |
|
|
X |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
X |
|
X |
|
KU.3 |
Mampu
menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab
dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media
kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; |
|
|
X |
X |
|
X |
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
|
|
X |
|
KU.4 |
Mampu
mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya
dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui
pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; |
|
|
|
X |
X |
X |
|
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
|
|
X |
|
KU.5 |
Mampu mengambil
keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan
kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; |
|
|
X |
X |
X |
X |
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
|
|
X |
|
KU.6 |
Mampu mengelola,
mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam
lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; |
|
|
X |
|
X |
X |
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KU.7 |
Mampu meningkatkan
kapasitas pembelajaran secara mandiri; |
|
|
X |
|
|
|
|
X |
X |
X |
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
KU.8 |
Mampu
mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil
penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
|
|
X |
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
X |
|
|
X |
|
KK.1 |
Mampu
merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran Pendidikan Agama
Islam yang bermakna, bermutu, moderat, toleran, dan inklusif |
|
|
|
|
|
|
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
X |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
|
|
X |
X |
|
|
KK.2 |
Mampu
mengembangkan strategi pembelajaran (learning stratgies development)
Pendidikan Agama Islam yang bermutu dan bermakna; |
|
|
|
|
|
|
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
X |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
|
|
X |
X |
|
|
KK.3 |
Mampu
melaksanakan penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Agama Islam; |
|
|
X |
X |
|
X |
X |
X |
|
X |
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
X |
|
X |
|
KK.4 |
Mampu
menyusun, mempresentasikan, dan mendiseminasikan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang Pendidikan
Agama Islam; |
|
|
X |
X |
|
X |
X |
X |
X |
X |
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
X |
|
X |
|
KK.5 |
Mampu
memecahkan problem-problem dalam aktivitas pendidikan dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam; |
|
|
X |
X |
|
X |
|
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
|
|
|
|
|
P.1 |
Menguasai konsep dan landasan normatif Pendidikan
Agama Islam dari sumber al-Qur’an, al-Hadis, dan pemikiran para ulama klasik
dan kontemporer; |
X |
X |
|
X |
X |
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
X |
|
|
P.2 |
Menguasai
secara mendalam filsafat dan landasan ilmu pendidikan Islam; |
|
|
X |
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
P.3 |
Menguasai
perkembangan teori-teori terkini di bidang Pendidikan Agama Islam berbasis
inter dan multidisiplin |
|
|
|
|
|
|
X |
X |
|
X |
|
|
X |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
X |
|
|
X |
|
P.4 |
Menguasai teori-teori pendidikan multikultural dalam
relasinya dengan teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam; |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
|
|
X |
X |
|
|
P.5 |
Menguasai teori-teori pendidikan karakter dalam
hubungannya dengan teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam. |
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
X |
X |
X |
X |
X |
X |
|
|
|
|
|
|
|
Struktur Matakuliah
1. Semester 1
No. |
Matakuliah |
SKS |
1 |
Studi
Al-Qur’an (BK-01) |
2 |
2 |
Studi
Al-Hadis (BK-02) |
2 |
3 |
Filsafat Ilmu (BK-03) |
2 |
4 |
Ilmu Pendidikan Islam (BK-05) |
3 |
5 |
Filsafat Pendidikan Islam (BK-04) |
2 |
6 |
Psikologi Pembelajaran PAI (BK-09) |
3 |
|
Jumlah |
14 |
2. Semester 2
No. |
Matakuliah |
SKS |
1 |
Pendekatan Studi Islam (BK-20) |
2 |
2 |
Metodologi Penelitian Pendidikan (BK-06) |
3 |
3 |
Teori dan Model Pembelajaran PAI (BK-08) |
2 |
4 |
Pendekatan dan Model Kurikulum PAI (BK-12) |
3 |
5 |
Isu-isu Kontemporer Pendidikan Agama Islam (BK-21) |
2 |
6 |
|
|
|
Jumlah |
12 |
3. Semester 3
No. |
Matakuliah |
SKS |
1 |
Statistik Pendidikan (BK-13) |
3 |
2 |
Pondok Pesantren dan Pendidikan Multikultural (BK-11) |
2 |
3 |
Pengembangan Evaluasi Pembelajaran PAI (BK-10) |
2 |
4 |
Pengembangan Strategi Pembelajaran PAI (BK-07) |
2 |
|
Jumlah |
9 |
4. Semester 4
No. |
Matakuliah |
SKS |
1 |
Matakuliah Pilihan a. Manajemen Kurikulum dan
Pembelajaran PAI (BK-24) b. Pendidikan Agama Islam
dan Multikulturalisme (BK-25) c.
Pendidikan dan
Pembelajaran Qur’an Hadis (BK-16) d. Pendidikan dan
Pembelajaran Akidah Akhlak (BK-17) e.
Pendidikan dan
Pembelajaran Fikih dan Ushul Fikih (BK-18) f.
Pendidikan dan Pembelajaran
Sejarah Peradaban Islam (BK-19) g. Pembelajaran PAI untuk
Anak Usia Dini (BK-14) h. Pembelajaran PAI untuk
Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (PAI-SD/MI) (BK-15) |
3 |
2 |
Seminar Proposal Tesis (BK-26) |
1 |
3 |
Artikel Ilmiah Ujian Komprehensif (BK-23) |
1 |
4 |
Tesis (BK-22) |
6 |
|
Jumlah |
10 |
5. Matakuliah Pilihan
1. Matakuliah pilihan tidak
disajikan dalam format kegiatan tatap-muka melainkan melalui bentuk
pembelajaran yang lain, yaitu melalui format penulisan artikel ilmiah, dengan
bobot 3 sks. Sesuai dengan ketentuan, 1 (satu) sks pada proses pembelajaran ini
(tugas penulisan artikel) adalah 170 menit per minggu per semester.
2. Topik
ujian komprehensif dan tesis mengacu kepada konsentrasi atau peminatan
masing-masing mahasiswa. Konsentrasi atau peminatan pada Program Studi
Pendidikan Agama Islam PPs-IAID meliputi:
a.
Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
(SP-PAI)
b.
Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam (MKP-PAI)
c.
Pendidikan Agama Islam dan Multikulturalisme
(PAI-M)
d.
Pendidikan dan Pembelajaran Qur’an Hadis
e.
Pendidikan dan Pembelajaran Akidah Akhlak
f.
Pendidikan dan Pembelajaran Fikih dan Ushul Fikih
g. Pendidikan dan Pembelajaran
Sejarah Peradaban Islam
h. Pendidikan Agama Islam untuk
Anak Usia Dini (PAI-AUD)
i.
Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah
Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (PAI-SD/MI).
- Pembaharuan terakhir 2022-08-16 11:47:29 7370 hits