MAHASISWA IAID CIAMIS JUARA III DEBAT BAHASA ARAB DAN MQK TINGKAT UNIVERSITAS SE-INDONESIA

Yogyakarta - Mahasiswa Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis mendapat gelar Juara III pada Debat Bahasa Arab dan Musabaqah Qira’atul Kutub (MQK) Festival Bahasa Arab Nasional Tingkat Universitas Se-Indonesia Tahun 2014, di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, 08-11 Oktober 2014.

Dalam Kompetisi yang berlangsung di UIN Sunan Kalijaga itu, Institut Agama Islam Darussalam (IAID) diwakiliki oleh Fidya Rahma Insani (AS7), Ujang Kamal (AS5), dan Siti Maesaroh (ESy2) untuk kategori Lomba Debat Bahasa Arab. Debat bahasa Arab ini diikuti oleh puluhan Perguruan Tinggi Islam dan Perguruan Tinggi Umum baik swasta maupun negeri. Tidak mudah untuk menjadi Juara III, mereka harus menyisihkan perguruan tinggi lainnya dengan persaingan yang ketat. Di babak penyisihan Tim IAID harus menyisihkan Tim UII Yogyakarta untuk dapat melaju ke perempat final yang sudah ditunggu oleh Tim dari UIN Malang. Alhasil Tim IAID lolos ke semi final dengan nilai yang baik untuk menghadapi Tim dari HUSADA Madura. Di babak semi final pun TIM IAID dapat menyisihkan Tim dari Madura dan akhirnya bisa melaju ke babak final untuk menghadapi Tim dari IAIN Surakarta. Atas kerja keras, semangat, dan perjuangan yang gigih, akhirnya Tim IAID menjadi Juara III pada Debat Bahasa Arab Tingkat Nasional  tersebut.

Pada waktu yang sama (08-11/10/2014) Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis juga mengikuti Musbaqah Qira’atul Kutub (MQK) Tingkat Nasional  tahun 2014, di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis diwakili oleh Tika Taqiyyatuzzahra (PAI) dan Cecep Saepul Muharrom (AS1) untuk mengikuti Musabaqah Qira’atul Kutub (MQK). Setelah melalui perjuangan dan semangat yang tinggi Tika Taqiyyatuzzahra (PAI1) dapat meraih Juara III Musbaqah Qira’atul Kutub (MQK) Tingkat Nasional  tersebut.

Menjadi Juara III dalam kompetisi ini sebagai pembuktian dan menunjukan kalau mahasiswa IAID Ciamis bisa bersaing dan berprestasi di tingkat Nasional. Itu semua tentunya berkat perjuangan yang sungguh-sungguh, dukungan, dan do’a dari semua pihak.

 Segenap civitas akademika IAID Ciamis menyampaikan selamat dan sukses kepada para mahasiswa (Fidya Rahma Insani, Ujang Kamal, Siti Maesaroh,  Tika Taqiyyatuzzahra, dan Tim IAID) yang  telah mengharumkan nama  Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis di Tingkat Nasional.

 

 

KOMENTAR

Halal Dan Haram Itu Sudah JELAS

Abu Abdillah Nu'man Bin Basyir Ra Berkata: Aku Mendengar Rasulullah SAW Bersabda, "Sesungguhnya Yang Halal Itu Telah Jelas Dan Yang Haram Pun Telah Jelas. Sedangkan Di Antaranya Ada Masalah Yang Samar-samar (syubhat) Yang Kebanyakan Manusia Tidak Mengetahui (hukum)-nya. Barangsiapa Menghindari Yang Samar-samar, Maka Ia Telah Membersihkan Agama Dan Kehormatannya. Barangsiapa Yang Jatuh Ke Dalam Yang Samar-samar, Maka Ia Telah Jatuh Ke Dalam Perkara Yang Haram. Seperti Penggembala Yang Berada Di Dekat Pagar (milik Orang Lain); Dikhawatirkan Ia Akan Masuk Ke Dalamnya. Ketahuilah Bahwa Setiap Raja Memiliki Pagar (aturan). Ketahuilah, Bahwa Pagar Allah Adalah Larangan-larangan-Nya. Ketahuilah, Bahwa Di Dalam Jasad Manusia Terdapat Segumpal Daging. Jika Ia Baik, Maka Baik Pula Seluruh Jasadnya; Dan Jika Ia Rusak, Maka Rusak Pula Seluruh Jasadnya. Ketahuilah Bahwa Segumpal Daging Itu Adalah Hati."

TOP