VISITASI AKREDITASI PROGRAM STUDI EKONOMI SYARI`AH

Kamis (15/05), Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis kembali dikunjungi oleh dua Asesor yang ditunjuk oleh BAN PT yaitu : Dr. Ahmad Mukri, M.Ag. dan Prof. Dr. H. Muhammad Nasir, SE., M.Si

Didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Dekan Fakultas Syari’ah, Ketua Prodi Ekonomi Syari`ah dan staf pada pagi hari 07.00 WIB Tim Asesor melakukan silaturrahim dengan dengan Pengasuh Pesantren Darussalam Ciamis sekaligus Rektor IAID, Dr. H. Fadlil Munawwar Manshur, M.S.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor IAID Ciamis Dr. H. Fadlil Munawwar Manshur, M.S. menyambut baik kedatangan asesor BAN PT. Kehadiran asesor BAN PT ini menurut Rektor dapat memberikan masukan bagi perkembangan IAID Ciamis sebagai lembaga pengembangan ilmu dan nilai-nilai Islam di masa depan.

Setelah ramah tamah dengan jajaran Pimpinan Pondok Pesantren, acara dilanjutkan dengan kunjungan langsung ke Perpustakaan, ruang ICT, dan keliling kampus Pesantren.  Selain itu, Tim Asesor mengunjungi sarana prasarana yang menunjang proses pembelajaran di Prodi Ekonomi Syari’ah antara  lain Aula, Kantor Administrasi dan Ruang Kuliah yang selama ini digunakan.

Pada pukul 09.30 WIB dilanjutkan dengan Tanya jawab di ruangan yang khusus disediakan untuk akreditasi. Sehubungan dengan  pengisian Borang Akreditasi segenap Dosen  dan Staf Administrasi maupun mahasiswa juga tak luput dari tanya jawab dan diskusi dengan kedua Asesor BAN-PT pada sesi tersebut dilakukan tinjauan kelengkapan data pendukung untuk mendapatkan penilaian yang maksimal.

Pada acara verifikasi data-data dokumen, Dr. Ahmad Mukri, M.Ag memaparkan bahwa visi misi IAID mencerminkan sebuah institusi yang berbasis pesantren, sebab prodi Ekonomi Syari’ah IAID menurutnya berada di bawah Fakultas Syari’ah yang sudah berdiri sejak tahun 1972. Beliau juga menegaskan akan pentingnya sebuah pengarsipan dokumen bagi sebuah institusi. "Selain pengarsipan, juga perlunya Kantor Jaminan Mutu di tingkat Fakultas serta setiap mahasiswa mesti mampu membaca teks kitab-kitab gundul," kata Ahmad Mukri.

Sementara itu, Dekan Fakultas Syari’ah, Dr. H. Koko Komarudin, M.Pd. menyatakan bahwa untuk kajian teks kitab pihak prodi tentunya akan didukung oleh dosen-dosen yang profesional khususnya dalam kajian kitab gundul.

Visitasi ini, jelas Dr. Sumadi, M.Ag sebagai KJM, merupakan masukan yang sangat berharga bagi Prodi Ekonomi Syari’ah dan umumnya untuk semua prodi di IAID Ciamis.

Setelah proses verifikasi selesai dilakukan Tim Asesor melakukan finalisasai hasil asesmen lapangan di ruang akreditasi IAID Ciamis sekitar pukul 14.00 WIB. Sekitar pukul 19.00 WIB Tim Akreditasi selesai menyimpulkan hasil-hasil asesmen lapangan yang akan di berikan kepada BAN PT guna mendapatkan peringkat akreditasi Prodi Ekonomi Syari’ah IAID Ciamis. Setelah proses kesimpulan selesai Tim Akreditasi saat acara penutupan kegiatan menyerahkan beberapa rekomendasi penting yang akan digunakan oleh IAID Ciamis sebagai bahan dalam pengembangan Prodi Ekonomi Syari’ah di masa mendatang.

Acara ditutup pukul 19.30 WIB. Dalam penutupan acara, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. H. Hasan Bisri, M.Ag mengatakan “IAID akan terus memperbaiki hal-hal yang masih dianggap kurang sesuai dengan arahan dari Tim Asesor. Di antaranya peningkatan kualitas rekruitmen mahasiswa, dosen, dan pembiayaan” ujarnya. 

Segenap Sivitas Akademika IAID Ciamis mohon do’a restu “semoga pelaksanaan visitasi akreditasi Prodi Ekonomi Syari’ah mendapatkan hasil penilaian yang baik”amin

KOMENTAR

Hebatnya Shalat 5 Waktu

Dari Abu Hurairah R.a. Berkata: Saya Telah Mendengar Rasulullah Saw Bersabda, Bagaimanakah Pendapatmu Seumpama Ada Sebuah Sungai Di Muka Pintu Salah Seorang Dari Kamu, Lalu Ia Mandi Daripadanya Setiap Hari Lima Kali, Apakah Masih Ada Tertinggal Kotorannya?" Para Sahabat Menjawab, "Tidak." Nabi Saw Bersabda, "Maka Demikianlah Shalat Lima Waktu, Allah Akan Menghapuskan Dosa-dosa Dengannya."

TOP