Nama Program Studi
|
:
|
Pendidikan Agama Islam (PAI)
|
Jenjang/Strata
|
:
|
Magister (S-2)
|
Tahun Pendirian
|
:
|
2003
|
Nomor SK Pendirian
|
:
|
Dj.II/306/2003
|
Status Akreditasi
|
:
|
“B” berdasarkan SK BAN-PT No. 1156/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2015
|
Ketua Program Studi
|
:
|
Dr. H. Husni, M.Pd.
|
Sekretaris Program Studi
|
:
|
Selamet, S.Pd.I., M.Pd.I.
|
Visi
|
:
|
Pada tahun 2022 menjadi program studi unggul dalam kajian pendidikan agama Islam melalui integrasi budaya akademik dan tradisi kepesantrenan
|
Misi
|
:
|
- Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengembangan pendidikan agama Islam yang bercirikan pondok pesantren.
- Mengembangkan budaya akademik, sikap toleran dan pengembangan pendidikan multikultural.
- Menyelenggarakan sistem layanan pendidikan dan penelitian yang memungkinkan mahasiswa dan dosen melakukan kajian dan penelitian bersama.
- Menjalin dan melaksanakan kerjasama akademik dengan berbagai institusi guna meningkatkan kualitas akademik dan sumber daya manusia.
|
Tujuan
|
:
|
- Terselenggaranya pendidikan, penelitian, dan pengembangan pendidikan agama Islam yang bercirikan pondok pesantren.
- Berkembangnya budaya akademik, sikap toleran dan pengembangan pendidikan multikultural di kalangan sivitas akademik program studi.
- Terwujudnya sistem layanan pendidikan dan penelitian yang memungkinkan mahasiswa dan dosen melakukan kajian dan penelitian bersama.
- Terwujudnya jalinan kerjasama akademik dengan berbagai institusi guna meningkatkan kualitas akademik dan sumber daya manusia.
|
Profil Lulusan
|
:
|
- Dosen atau Guru Pendidikan Agama Islam
- Peneliti bidang Pendidikan Agama Islam
- Supervisor Pendidikan Agama Islam
- Pimpinan lembaga pendidikan Islam
|
Deskripsi Generik Kualifikasi Kurikulum Berbasis KKNI
|
:
|
- Mampu mengembangkan pengetahuan dalam bidang pendidikan agama Islam melalui riset dalam rangka menghasilkan karya kreatif, inovatif dan teruji dalam bidangnya di tengah masyarakat multikultur.
- Menguasai teori-teori pendidikan dan pembelajaran agama Islam (PAI) serta pengembangannya secara inter dan multidisipliner
- Berperan dalam pekerjaaan sebagai ahli bidang pendidikan agama Islam, guru PAI profesional, akademisi, peneliti, dan pimpinan lembaga pendidikan.
- Mampu merencanakan dan memutuskan hal-hal strategis di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam serta dapat mengelola kelompok studi secara mandiri
- Bersikap positif, empati, toleran, etis, dan partisipatif dalam melaksanakan keahliannya
|
Deskripsi Rinci Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Kurikulum Program Studi
|
:
|
- Mampu merancang penelitian ilmiah di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam
- Mampu melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam
- Mampu mengembangkan inovasi pemikiran ilmiah di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam.
- Mampu menyusun karya tulis ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam
- Mampu menyebarluaskan hasil penelitiannya kepada komunitas profesi dan masyarakat luas yang plural dan multikultur.
- Menguasai filsafat dan landasan ilmu pendidikan Islam
- Menguasai teori-teori pengembangan strategi pembelajaran di bidang pendidikan agama Islam berbasis inter dan multidisiplin.
- Menguasai teori-teori pengembangan model pembelajaran pendidikan agama Islam secara inter dan multidisiplin.
- Menguasai teori-teori pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam.
- Menguasai teori-teori pengembangan potensi peserta didik.
- Menguasai teori-teori pengembangan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam.
- Menguasai perkembangan teori-teori terkini di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam.
- Mampu memecahkan problem-problem dalam aktivitas pendidikan dan pembelajaran agama Islam.
- Memiliki kepribadian yang mantap sebagai pendidik profesional di bidang PAI.
- Menguasai dan mampu mengembangkan teori-teori pedogogik dalam rangka melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendidik dan bermakna.
- Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dengan pendekatan inter dan multidisiplin.
- Mampu menguji atau melakukan verifikasi teori-teori pendidikan dan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan pendekatan inter dan multidisiplin.
- Menguasai dan mampu mengembangkan teori-teori manajemen dan kepemimpinan.
- Mampu berkontribusi dalam memecahkan problem sosial umat Islam, khususnya di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam.
- Mampu merencanakan, mengelola, dan melaksanakan pengembangan strategi pembelajaran PAI
- Mampu merencanakan, mengelola, dan melaksanakan evaluasi dan pengawasan pendidikan agama Islam.
- Mampu memimpin satuan lembaga pendidikan.
- Mampu mengelola kegiatan pengembangan ilmu pendidikan Islam melalui riset mandiri.
- Mampu memimpin dan menyelenggarakan kegiatan ilmiah di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam
- Bersikap jurur, berintegritas, dan objektif dalam mengemukakan dan mempertahankan kebenaran.
- Bersedia menerima kritik dalam lingkungan pergaulan komunitas ilmiah.
- Memiliki pandangan positif terhadap diri sendiri serta menunjukkan pribadi yang memiliki standar etik dan moral yang tinggi.
- bersikap empati atas berbagai problem sosial, ekonomi, dan politik yang dihadapi oleh umat manusia.
- Bersikap toleran dalam menghadapi berbagai perbedaan pandangan dan keyakinan.
- Berpartisipasi aktif dalam berbagai komunitas profesi dan sosial.
|