^ Ke Atas
 
HEADLINE:
2018-11-03 19:31:31 - Monev Akhir Kerjasama antara IAID dengan KJM-UGM <0> 2018-10-19 14:34:56 - Milad Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Ke-6 <0> 2018-10-02 06:25:28 - Hasil Seleksi Calon Mahasiswa Baru Program Pascasarjana 2018 <0> 2018-09-10 07:18:21 - Ta`aruf Mahasiswa Darussalam (TAMADA) IAID 2018 <0> 2018-08-27 08:32:13 - Seleksi Masuk Program Sarjana (S1) Tahun Akademik 2018/2019 Gelombang 2 <0>
 

Program Pascasarjana

BERITA FOTO

2018-11-05 : Kerjasama IAID-KJM UGM

Pelatihan AMI

2018-10-18 : Milad Prodi PIAUD Ke-6

Sambutan Wakil Rektor

2018-09-08 : Tamada Tahun 2018

Sambutan Rektor IAID

Anda berada di: Depan > PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM S2
Prodi Pendidikan Agama Islam (S2)
Diposting pada: 2017-06-06 07:30:57 | Hits : 427
 

PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (S-2)

 

Nama Program Studi

:

Pendidikan Agama Islam (PAI)

Jenjang/Strata

:

Magister (S-2)

Tahun Pendirian

:

2003

Nomor SK Pendirian

:

Dj.II/306/2003

Status Akreditasi

:

“B” berdasarkan SK BAN-PT No. 1156/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2015

Ketua Program Studi

:

Dr. H. Husni, M.Pd.

Sekretaris Program Studi

:

Selamet, S.Pd.I., M.Pd.I.

Visi

:

Pada tahun 2022 menjadi program studi unggul dalam kajian pendidikan agama Islam melalui integrasi budaya akademik dan tradisi kepesantrenan

Misi

:

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengembangan pendidikan agama Islam yang bercirikan pondok pesantren.
  2. Mengembangkan budaya akademik, sikap toleran dan pengembangan pendidikan multikultural.
  3. Menyelenggarakan sistem layanan pendidikan dan penelitian yang memungkinkan mahasiswa dan dosen melakukan kajian dan penelitian bersama.
  4. Menjalin dan melaksanakan kerjasama akademik dengan berbagai institusi guna meningkatkan kualitas akademik dan sumber daya manusia.

Tujuan

:

  1. Terselenggaranya pendidikan, penelitian, dan pengembangan pendidikan agama Islam yang bercirikan pondok pesantren.
  2. Berkembangnya budaya akademik, sikap toleran dan pengembangan pendidikan multikultural di kalangan sivitas akademik program studi.
  3. Terwujudnya sistem layanan pendidikan dan penelitian yang memungkinkan mahasiswa dan dosen melakukan kajian dan penelitian bersama.
  4. Terwujudnya jalinan kerjasama akademik dengan berbagai institusi guna meningkatkan kualitas akademik dan sumber daya manusia.

Profil Lulusan

:

  1. Dosen atau Guru Pendidikan Agama Islam
  2. Peneliti bidang Pendidikan Agama Islam
  3. Supervisor Pendidikan Agama Islam
  4. Pimpinan lembaga pendidikan Islam

Deskripsi Generik Kualifikasi Kurikulum Berbasis KKNI

:

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan dalam bidang pendidikan agama Islam melalui riset dalam rangka menghasilkan karya kreatif, inovatif dan teruji dalam bidangnya di tengah masyarakat multikultur.
  2. Menguasai teori-teori pendidikan dan pembelajaran agama Islam (PAI) serta pengembangannya secara inter dan multidisipliner
  3. Berperan dalam pekerjaaan sebagai ahli bidang pendidikan agama Islam, guru PAI profesional, akademisi, peneliti, dan pimpinan lembaga pendidikan.
  4. Mampu merencanakan dan memutuskan hal-hal strategis di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam serta dapat mengelola kelompok studi secara mandiri
  5. Bersikap positif, empati, toleran, etis, dan partisipatif dalam melaksanakan keahliannya

Deskripsi Rinci Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) Kurikulum Program Studi

:

  1. Mampu merancang penelitian ilmiah di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam
  2. Mampu melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam
  3. Mampu mengembangkan inovasi pemikiran ilmiah di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam.
  4. Mampu menyusun karya tulis ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam
  5. Mampu menyebarluaskan hasil penelitiannya kepada komunitas profesi dan masyarakat luas yang plural dan multikultur.
  6. Menguasai filsafat dan landasan ilmu pendidikan Islam
  7. Menguasai teori-teori pengembangan strategi pembelajaran di bidang pendidikan agama Islam berbasis inter dan multidisiplin.
  8. Menguasai teori-teori pengembangan model pembelajaran pendidikan agama Islam secara inter dan multidisiplin.
  9. Menguasai teori-teori pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam.
  10. Menguasai teori-teori pengembangan potensi peserta didik.
  11. Menguasai teori-teori pengembangan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam.
  12. Menguasai perkembangan teori-teori terkini di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam.
  13. Mampu memecahkan problem-problem dalam aktivitas pendidikan dan pembelajaran agama Islam.
  14. Memiliki kepribadian yang mantap sebagai pendidik profesional di bidang PAI.
  15. Menguasai dan mampu mengembangkan teori-teori pedogogik dalam rangka melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendidik dan bermakna.
  16. Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dengan pendekatan inter dan multidisiplin.
  17. Mampu menguji atau melakukan verifikasi teori-teori pendidikan dan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan pendekatan inter dan multidisiplin.
  18. Menguasai dan mampu mengembangkan teori-teori manajemen dan kepemimpinan.
  19. Mampu berkontribusi dalam memecahkan problem sosial umat Islam, khususnya di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam.
  20. Mampu merencanakan, mengelola, dan melaksanakan pengembangan strategi pembelajaran PAI
  21. Mampu merencanakan, mengelola, dan melaksanakan evaluasi dan pengawasan pendidikan agama Islam.
  22. Mampu memimpin satuan lembaga pendidikan.
  23. Mampu mengelola kegiatan pengembangan ilmu pendidikan Islam melalui riset mandiri.
  24. Mampu memimpin dan menyelenggarakan kegiatan ilmiah di bidang pendidikan dan pembelajaran agama Islam
  25. Bersikap jurur, berintegritas, dan objektif dalam mengemukakan dan mempertahankan kebenaran.
  26. Bersedia menerima kritik dalam lingkungan pergaulan komunitas ilmiah.
  27. Memiliki pandangan positif terhadap diri sendiri serta menunjukkan pribadi yang memiliki standar etik dan moral yang tinggi.
  28. bersikap empati atas berbagai problem sosial, ekonomi, dan politik yang dihadapi oleh umat manusia.
  29. Bersikap toleran dalam menghadapi berbagai perbedaan pandangan dan keyakinan.
  30. Berpartisipasi aktif dalam berbagai komunitas profesi dan sosial.

 

Struktur Kurikulum

Semester 1

No.

Matakuliah

SKS

1

Studi Al-Qur’an

2

2

Studi Al-Hadits

2

3

Sejarah Pemikiran Islam

2

4

Sejarah Peradaban Islam

2

5

Filsafat Ilmu

3

6

Teori Sosiologi Agama & Pendidikan

2

7

Ilmu Pendidikan Islam

3

 

Semester 2

No.

Matakuliah

SKS

1

Filsafat Pendidikan Islam

3

2

Tafsir Tarbawy

3

3

Hadits Tarbawy

3

4

Pendidikan Multikultural

2

5

Sejarah Pendidikan Islam

2

6

Metodologi Penelitian Pendidikan

3

 

Semester 3

No.

Matakuliah

SKS

1

Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

3

2

Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-nilai Pondok Pesantren

2

3

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam

3

4

Model-Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

2

5

Penyusunan Tesis dan Artikel Ilmiah

0

 

Semester 4

No.

Matakuliah

SKS

1

Seminar Proposal Tesis

0

2

Ujian Komprehensif

0

3

Tesis

6

 

 

Posting Lainnya:

« Kembali

MUTIARA HADIST
Muslim Yang Saling Membunuh :
Dari Abu Bakrah (Nufa'i) Bin Al Harits Ats Tsaqafy Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Apabila Dua Orang Muslim Berhadapan Dengan Pedang Masing-masing Maka Pembunuh Dan Terbunuh Keduanya Sama-sama Masuk Neraka. Abu Bakrah Bertanya, "Ya Rasulullah, Yang Membunuh Jelas Masuk Neraka Tetapi Mengapa Yang Terbunuh Juga Demikian? Rasulullah Saw Menjawab, "Karena Ia Juga Memiliki Niat Sungguh-sungguh Akan Membunuh Lawannya."