^ Ke Atas
 
HEADLINE:
2018-11-03 19:31:31 - Monev Akhir Kerjasama antara IAID dengan KJM-UGM <0> 2018-10-19 14:34:56 - Milad Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Ke-6 <0> 2018-10-02 06:25:28 - Hasil Seleksi Calon Mahasiswa Baru Program Pascasarjana 2018 <0> 2018-09-10 07:18:21 - Ta`aruf Mahasiswa Darussalam (TAMADA) IAID 2018 <0> 2018-08-27 08:32:13 - Seleksi Masuk Program Sarjana (S1) Tahun Akademik 2018/2019 Gelombang 2 <0>
 

BERITA FOTO

2018-11-05 : Kerjasama IAID-KJM UGM

Pelatihan AMI

2018-10-18 : Milad Prodi PIAUD Ke-6

Sambutan Wakil Rektor

2018-09-08 : Tamada Tahun 2018

Sambutan Rektor IAID

Anda berada di: Depan > PRODI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI
Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Diposting pada: 0000-00-00 00:00:00 | Hits : 573
 

PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD) FAKULTAS TARBIYAH

INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM (IAID) CIAMIS JAWA BARAT.

 

Nama Program Studi

:

PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD)

Jenjang/Strata

:

S-1

Tahun Pendirian

:

2012

Nomor SK Pendirian

:

1891 Tahun 2012

Status Akreditasi

:

TERAKREDITASI B

Ketua Program Studi

:

SONI SAMSU RIZAL, S.Pd.I., M.Pd.I.

Sekretaris Program Studi

:

SAEFUL MILLAH, S.Pd.I., M.Pd.I.

Visi

:

Menjadi program studi unggul dalam menghasilkan guru dan pengelola program PAUD profesional, kreatif, dan inovatif yang berbasis pada nilai-nilai kepesantrenan pada tahun 2021

Misi

:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  2. Mengembangkan akhlak mulia, sikap toleran, pemikiran rasional, analitis, berorientasi pada pemecahan masalah, dan berpandangan jauh ke depan.
  3. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan Ilmu PAUD

Tujuan

:

  1. Menghasilkan guru dan pengelola Program PAUD yang profesional, kreatif, dan inovatif yang berbasis pada nilai-nilai kepesantrenan
  2. Terwujudnya iklim pembelajaran anak usia dini yang kreatif, inovatif, dan profesional.
  3. Menghasilkan lulusan yang menguasai substansi dan metodologi PAUD serta mampu mengemas bidang ilmu menjadi bahan ajar dalam kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap toleran, keimanan, ketakwaan dan akhlak mulia
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian dalam rangka mengembangkan strategi dan pengembangan karier profesionalnya

Profil Lulusan

:

Profil utama:

Guru dan Pengelola Program Pendidikan Anak Usia Dini (RA, BA, KB,TKA, TPA, dan Satuan PAUD sejenis /SPS)

 

Profil tambahan:

  1. Konsultan Pendidikan Anak Usia Dini 
  2. Peneliti pada bidang Pendidikan Anak Usia Dini
  3. Community Leader

Deskripsi Generik Kualifikasi Kurikulum Berbasis KKNI

:

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya;
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia;
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orang lain;
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

 

Deskripsi Rinci Capaian Pembelajaran Kurikulum Program Studi

 

RUMUSAN CAPAIAN PEMBELAJARANPROGRAM STUDI PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI (PIAUD)

  1. 1.    CAPAIAN PEMBELAJARAN BIDANG SIKAP UMUM

RUMUSAN SIKAP UMUM

Setiap lulusan program pendidikan akademik, vokasi, spesialis, dan profesi harus memiliki sikap sebagai berikut :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan negara
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan

 

 

  1. 2.    CAPAIAN PEMBELAJARAN BIDANG SIKAP KHUSUS

RUMUSAN SIKAP KHUSUS

Lulusan program sarjana PIAUD diharapkan memiliki sikap khusus sebagai berikut.

  1. Menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Islaman yang mencakup keimanan dan ketakwaan terhadap Allah swt., penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, internalisasi nilai dan norma;
  2. Menjunjung tinggi nilai-nilai kepesantrenan, ke-Indonesia-an dan kemasyarakatan, meliputi penghargaan terhadap keanekaragaman, nasionalisme dan tanggung jawab bernegara, dan berbangsa, berdasarkan Pancasila;
  3. Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik;
  4. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya sebagai calon guru pada program PAUD.

 

  1. 3.    CAPAIAN PEMBELAJARAN BIDANG PENGETAHUAN UMUM

RUMUSAN PENGETAHUAN UMUM

Lulusan program sarjana PIAUD diharapkan memiliki pengetahuan umum sebagai berikut :

  1. Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan terkait dengan pengelolaan pembelajaran yang menyenangkan, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif yang dicerminkan dengan kemampuan memahami kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi pedagogis.

 

  1. Kemampuan dalam penguasaan pengetahuan bidang keilmuan secara luas dan mendalam berkaitan dengan konsep, filosofi, metode disiplin keilmuan seperti pengembangan bakat, minat, kognisi,  kreativitas, bahasa, gerak motorik, seni tari, seni suara, bermain, bercerita,  nilai-nilai moral dan keagamaan dalam rangka  mewujudkan pembelajaran yang mendidik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif.

 

 

  1. 4.    CAPAIAN PEMBELAJARAN BIDANG PENGETAHUAN KHUSUS

RUMUSAN PENGETAHUAN KHUSUS

Lulusan program sarjana PIAUD diharapkan memiliki pengetahuan khusus  sebagai berikut:

  1. Mampu mengorganisasikan aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik anak usia dini;
  2. Mampu menganalisis teori bermain sesuai aspek dan tahapan perkembangan, kebutuhan, potensi, bakat, dan minat anak usia dini;
  3. Mampu merancang kegiatan pengembangan (melalui belajar sambil bermain dan pembiasaan) anak usia dini;
  4. Mampu menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik;
  5. Mampu memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik;
  6. Mampu mengembangkan potensi anak usia dini untuk pengaktualisasian diri;
  7. Mampu memilih berbagai strategi berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan anak usia dini;
  8. Menentukan lingkup sasaran assesment proses dan hasil pembelajaran pada anak usia dini;
  9. Menguasai konsep teoretis pedagogi dan pengetahuan PAUD;
  10. Menguasai konsep, prinsip, prosedur, dan aplikasi pendekatan, model, strategi, metode, teknik dan taktik pembelajaran anak usia dini;
  11. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur perencanaan dan evaluasi pembelajaran anak usia dini;
  12. Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi untuk pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran anak usia dini.
  1. 5.    CAPAIAN PEMBELAJARAN BIDANG KETERAMPILAN UMUM

RUMUSAN KETERAMPILAN UMUM

Lulusan Program Sarjana PIAUD diharapkan memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni Islam
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi

 

  1. 6.    CAPAIAN PEMBELAJARAN BIDANG KETERAMPILAN KHUSUS

RUMUSAN KETERAMPILAN KHUSUS

Lulusan program sarjana PIAUD diharapkan memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik bermain sambil belajar yang bersifat holistik, sesuai kebutuhan anak usia dini, dan bemakna, yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di PAUD;
  2. Mampu merancang kegiatan bermain sebagai bentuk pembelajaran yang mendidik pada anak usia dini;
  3. Mampu membuat rancangan kegiatan bermain dalam bentuk program tahunan, semester, mingguan, dan harian;
  4. Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yang mendidik;
  5. Mampu melakukan evaluasi proses dan hasil belajar;
  6. Mampu melaksanakan program pengayaan;
  7. Mampu melakukan penelitian tindakan kelas.

                          

Struktur Kurikulum

Semester 1

No.

Nama Matakuliah

SKS

1

Pendidikan Pancasila

2

2

Al-Qur’an

2

3

Al-Hadits

2

4

Bahasa Inggris

2

5

Bahasa Indonesia

2

6

Pengantar dan Landasan Pendidikan

2

7

Filsafat Ilmu

2

8

Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini

2

9

Kewirausahaan

2

10

Pendidikan Akhlak

2

 

Semester 2

No.

Nama Matakuliah

SKS

1

Media Pembelajaran dan TIK untuk AUD

2

2

Pendidikan Anak dalam Keluarga

2

3

Ilmu Sosial dan Budaya Dasar

2

4

Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini

2

5

Bimbingan Konseling Anak

2

6

Psikologi Belajar Anak Usia Dini

2

7

Metodologi Studi Islam

2

8

Bahasa Arab untuk Anak

2

9

Pendidikan Kewarganegaraan

2

10

Ahlu Sunnah wal Jama’ah

2

 

Semester 3

No.

Nama Matakuliah

SKS

1

Pembelajaran Bahasa Inggris untuk AUD

2

2

Pembelajaran Teknik Bercerita PAUD

2

3

Pengembangan Fisik-Motorik Anak Usia Dini

3

4

Musik untuk Anak Usia Dini

2

5

Psikologi Perkembangan Anak

2

6

Pembaharuan Pembelajaran PAUD

2

7

Belajar dan Pembelajaran PAUD

2

8

Administrasi PAUD

2

9

Filsafat Pendidikan Islam

2

10

Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini

3

 

Semester 4

No.

Nama Matakuliah

SKS

1

Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini

3

2

Pengembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini

3

3

Seni Rupa untuk AUD

3

4

Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk AUD

2

5

Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

2

6

Alat Permainan Edukatif

2

7

Pengembangan Kognitif dan Kreativitas Anak Usia Dini

3

8

Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini

3

 

Semester 5

No.

Nama Matakuliah

SKS

1

Bermain dan Permainan Anak

3

2

Evaluasi Kegiatan Pembelajaran AUD

2

3

Pembelajaran Al-Qur'an untuk Anak

2

4

Metodologi Penelitian

2

5

Pendidikan Jasmani untuk AUD

2

6

Pembelajaran Sains untuk AUD

2

7

Pembelajaran Matematika untuk AUD

2

8

Pengelolaan Lembaga PAUD Berbasis Pesantren

2

9

Terapi Anak Berkebutuhan Khusus

2

Pengelolaan Pembelajaran PAUD Inklusif

 

Semester 6

No.

Nama Matakuliah

SKS

1

Pengembangan Kurikulum PAUD

2

2

Sendra Tari Anak Usia Dini

2

3

Manajemen Penyelenggaraan PAUD

2

4

Penelitian Tindakan Kelas

2

5

Statistik Dasar

3

6

Micro Teaching

3

7

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

4

8

Analisis Kebijakan dalam PAUD Inklusif

2

Isu Gender dalam Kepemimpinan PAUD

Menggambar/Melukis Dasar

PAUD Lintas Budaya

12

Desain Interior dan Eksterior di PAUD

13

Outbond Kids

 

Semester 7

No.

Nama Matakuliah

SKS

1

Profesi Kependidikan

2

2

Supervisi PAUD

2

3

Teknik Penulisan Skripsi

2

4

Teori Kepemimpinan

2

5

Program Pengalaman Lapangan (PPL)

4

6

Pendidikan Multikultural Anak

2

7

Pengembangan Diri

2

Desain Grafis dan Animasi

Kepemimpinan dalam PAUD Inklusif

Manajemen PAUD Inklusif

 

Semester 8

No.

Nama Matakuliah

SKS

1

Ujian Komprehensif

2

2

Skripsi

6

 

Posting Lainnya:

« Kembali

MUTIARA HADIST
Rukun Islam :
Dari Abi Abdurrahman Abdillah Bin Umar Bin Khattab Ra. Berkata: Aku Telah Mendengar Rasulullah Saw Bersabda: "Bangunan Islam Itu Atas Lima Perkara Mengakui Bahwa Tiada Tuhan Melainkan Allah Dan Sesungguhnya Muhammad Itu Utusan Allah, Mendirikan Shalat, Mengeluarkan Zakat, Mengerjakan Haji Ke Baitullah Dan Puasa Bulan Ramadhan."