^ Ke Atas
 
HEADLINE:
2018-11-03 19:31:31 - Monev Akhir Kerjasama antara IAID dengan KJM-UGM <0> 2018-10-19 14:34:56 - Milad Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Ke-6 <0> 2018-10-02 06:25:28 - Hasil Seleksi Calon Mahasiswa Baru Program Pascasarjana 2018 <0> 2018-09-10 07:18:21 - Ta`aruf Mahasiswa Darussalam (TAMADA) IAID 2018 <0> 2018-08-27 08:32:13 - Seleksi Masuk Program Sarjana (S1) Tahun Akademik 2018/2019 Gelombang 2 <0>
 

BERITA FOTO

2018-11-05 : Kerjasama IAID-KJM UGM

Pelatihan AMI

2018-10-18 : Milad Prodi PIAUD Ke-6

Sambutan Wakil Rektor

2018-09-08 : Tamada Tahun 2018

Sambutan Rektor IAID

Anda berada di: Depan > PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Prodi Pendidikan Agama Islam
Diposting pada: 2017-04-02 11:24:36 | Hits : 464
 

PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

 

Nama Program Studi

:

Pendidikan Agama Islam Darussalam (PAI)

Jenjang/Strata

:

S.1

Tahun Pendirian

:

1989

Nomor SK Pendirian

:

109 Tahun 1989

Status Akreditasi

:

B

Ketua Program Studi

:

Dr. Abdul Azis, M.Pd.I

Sekretaris Program Studi

:

Iwan Setiawan, S.Pd.I., M.A.

Visi

:

Menjadi program studi berkelas nasional dalam menghasilkan guru  Pendidikan Agama Islam berbasis nilai-nilai pesantren pada Tahun 2025.

Misi

:

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan agama Islam berbasis pesantren untuk mewujudkan lulusan yang berkualitas sehingga mampu berpatisipasi aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam (PAI) dan menyebarluaskannya untuk kepentingan umum melalui publikasi ilmiah.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan Agama Islamyang bertujuan untuk peningkatan kesadaran masyarakat terhadap metodologi pembelajaran pendidikan agama Islam
  4. Mengembangkan rekognisi program studi melalui kerjasama dengan lembaga dalam dan luar negeri.

Tujuan

:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial dalam bidang Pendidikan Agama Islam.
  2. Menghasilkan peneliti dalam bidang Pendidikan Agama Islam dan mempublikasikannya pada jurnal nasional dan internasional yang bereputasi.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan pengetahuan dalam bidang Pendidikan Agama Islam melalui pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk peningkatan kesadaran masyarakat terhadap metodologi pembelajaran pendidikan agama Islam.
  4. Menghasilkan kerjasama dengan lembaga dalam dan luar negeri untuk pengembangan program studi pendidikan agama Islam.

Profil Lulusan

:

  1. Pendidik/Praktisi Pendidikan
  2. Asisten Peneliti Pendidikan
  3. Pengembang Bahan Ajar

Deskripsi Generik Kualifikasi Kurikulum Berbasis KKNI

 

Unsur Kualifikasi Kerja

Deskripsi Generik

1

Kemampuan Kerja

Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan

ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

2

Penguasaan Pengetahuan

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoretis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu

memformulasikan penyelesaian secara prosedural

3

Kemampuan Manajerial

Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan

analisis informasidan data dan

mampumemberikanpetunjuk dalammemilih berbagaialternatif solusisecara mandiri dan kelompok

4

Tanggungjawab Manajerial

Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas

pencapaian hasil kerja organisasi

Deskripsi Spesifik Kualifikasi Kurikulum Berbasis KKNI

 

Unsur Kualifikasi Kerja

Deskripsi Spesifik

1

Kemampuan Kerja

  1. Mampu menerapkan teori-teori pendidikandan pembelajaran dalam penyusunan perangkat, pelaksanakan dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Mampu memanfaatkan keilmuan Pendidikan Agama Islam dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah
  3. Mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi terkait dengan dinamika sosial-budaya, ekonomi dan politik serta tantangan global dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah

2

Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai konsep-konsep teoritis dan landasan keilmuan pendidikan secara mendalam sebagai titik tolak dalam pengembangan potensi keagamaan peserta didikuntuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan.
  2. Menguasai substansi kajian keilmuan Pendidikan Agama Islam (Qur’an-Hadis, Akidah- Akhlak, Fiqih, dan Sejarah dan Kebudayaan Islam) secara luas, mendalam, dan mutakhir untuk membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan.
  3. Menguasai teori-teori pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan mampu memformulasikan dan mengimplementasikannya secara prosedural dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.
  4. Menguasai konsep integrasi keilmuan, agama, sains dan keindonesiaan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah.
  5. Menguasai konsep kepemimpinan pendidikan dalam rangka menggerakkan dan membudayaan pengamalan ajaran agama Islam dan pembentukan perilaku akhlak mulia peserta didik di sekolah/madrasah.

3

Kemampuan Manajerial

  1. Mampu mengambil keputusan yang tepat dan strategis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah berdasarkan analisis informasi dan data serta hasil penelitian yang relevan
  2. Mampu memecahkan masalah Pendidikan Agama Islam secara mandiri dan kolektif untuk memperoleh hasil pembelajaran yang bermutu dan maksimal dalam pembentukan prilaku keagamaan peserta didik
  3. Mampu memetakan wacana dan fenomena keagamaan serta isu-isu kontemporer dalam Pendidikan Agama Islam untuk dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

4

Tanggungjawab Manajerial

  1. Bertanggung jawab dan dapat diberi tanggung jawab terhadap pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang efektif, produktif, bermakna, toleran dan berlandaskan nilai-nilai kemanusiaan dalam masyarakat multi agama baik secara mandiri maupun dengan kemitraan.
  2. Mampu menyesuaikan diri secara tepat dalam menjalankan tugas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan dilandasi oleh kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia secara mandiri dan dengan percaya diri
  3. Mampu bekerjasama secara konstruktif dan kolaboratif dalam pencapaian hasil kerja organisasi dan menghargai hasil kerjasama tersebut.

 

Rumusan Capaian Pembelajaran Program Studi PAI

 

Sikap dan Tata Nilai

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai 

Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki sikap dan tata nilai sebagai berikut :
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan negara.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
  11. Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Pendidikan;
  12. Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia; dan
  13. Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme.
  14. Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisitaif di tempat tugas;
  15. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;
  16. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga, percaya diri dan cinta menjadi pendidik bidang pendidikan agama Islam pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SD/MI/SMP/MTs/ SMA/MA/SMK/MAK);
  17. Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab (accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang pendidikan agama Islam secara mandiri pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SD/MI/SMP/MTs/ SMA/MA/SMK/MAK);
  18. Menginternalisasi semangat kemandirian/kewirausahaan dan inovasi dalam pembelajaran bidang pendidikan agama Islam pada satuan pendidikan sekolah/madrasah (SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK/MAK).

 

Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Pengetahuan

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan

Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki pengetahuan sebagai berikut :

  1. Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
  2. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
  3. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;
  4. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;
  5. Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin
  6. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
  7. Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.
  8. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
  9. Memberikan layanan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) yang mendidik kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya;
  10. Memfasilitasi pengembangan potensi relegius peserta didik secara optimal;
  11. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris dalam penyelenggaraanpendidikan dan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);
  12. Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan sebagai bagian dari tugas  pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);
  13. Menguasai teori belajar dan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);
  14. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran PAI;
  15. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);
  16. Memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar PAI (Pendidikan Agama Islam);
  17. Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);
  18. Melakukan pendalaman bidang kajian PAI (Pendidikan Agama Islam) sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman;
  19. Menguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);
  20. Mengembangkan kurikulum untuk mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) sesuai dengan bidang tugas dan mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan;
  21. Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan Al-qur’an-Hadits sebagai sub keilmuan dari PAI (Pendidikan Agama Islam);
  22. Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan Aakidah-Akhlak sebagai sub keilmuan dari PAI (Pendidikan Agama Islam);
  23. Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan Sejarah Kebudayaan Islam sebagai sub keilmuan dari PAI (Pendidikan Agama Islam);
  24. Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan Ushul Fikih-Fikih sebagai sub keilmuan dari PAI (Pendidikan Agama Islam);
  25. Menguasai teori kewirausahaan dalam kerangka pengembangan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) yang kreatif dan inovatif;
  26. Menguasai teori kepemimpinan pendidikan untuk memposisikan dan mengembangkan PAI (Pendidikan Agama Islam) sebagai ibu dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah/madrasah.

 

Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan

Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan Umum

Deskripsi Capaian Pembelajaran Bidang Ketrampilan Umum

Lulusan Program studi PAI jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.

  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.

  4. Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.

  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi.

  10. Menunjukkan kemampuan literasi informasi, media dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;

  11. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja;

  12. Mampu berkolaborasi dalam team, menunjukkan kemampuan kreatif (creativity skill), inovatif (innovation skill), berpikir kritis (critical thinking) dan pemecahan masalah (problem solving skill) dalam pengembangan keilmuan dan pelaksanaan tugas di dunia kerja:

  13. Mampu membaca al-Qur’an berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid

  14. Mampu menghafal dan memahami isi kandungan al-Qur’an juz 30 (Juz Amma)

  15. Mampu melaksanakan ibadah dan memimpin ritual keagamaan dengan baik.

 

Capaian Pembelajaran Program Studi Bidang Keterampilan Khusus

 

Deskripsi  Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan Khusus

 

Lulusan program studi PAI jenjang sarjana (level 6 dalam KKNI) wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan kurikulum mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip dalam pengembangan kurikulum;
  2. Mampu mengembangkan perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam disekolah/madrasah secara baik dan tepat;
  3. Mampu mengembangkan media , alat dan bahan ajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam;
  4. Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik, kreatif dan inovatif pada Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;
  5. Mendiseminasikan karya akademik dalam bentuk publikasi yang diunggah dalam laman perguruan tinggi dan/atau jurnal bereputasi;
  6. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian secara efektif dan berdaya guna untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;
  7. Mampu memfasilitasi pengembangan potensi keagamaan peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuan beragama dalam kehidupan nyata di sekolah/madrasah dan di masyarakat;
  8. Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dalam pelaksanaan tugas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah, di komunitas akademik maupun dan di masyarakat;
  9. Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara tepat, serta mampu memanfaatkannya untuk keperluan pembelajaran;
  10. Mampu melaksanakan tindakan reflektif berdasarkan prosedur dan metodologi penelitian ilmiah untuk peningkatan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah/madrasah;
  11. Mampu menerapkan langkah-langkah pengembangan keilmuan dan keprofesian secara berkelanjutan, mandiri maupun kolektif dalam kerangka mewujudkan diri sebagai pendidik sejati dan pembelajar;
  12. Mampu menghafal ayat-ayat al-Qur’an dan hadis –hadis pendidikan.

 

Struktur Kurikulum

1. Semester I

NO

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

INS

101

Pendidikan Pancasila

2

2

INS

108

Bahasa Inggris  1

2

3

INS

102

Bahasa Arab 1

2

4

INS

106

Bahasa Indonesia

3

5

INS

117

Metodologi Studi Islam

3

6

INS

121

Ilmu Kalam

2

7

TAR

201

Pedagogik

2

TAR

218

Psikologi Umum

2

9

INS

122

Filsafat Umum

2

Jumlah

20

 

2. Semester II

NO

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

INS

105

Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

INS

108

Bahasa Inggris  2

2

3

INS

103

Bahasa Arab  2

2

4

INS

115

Fiqh 1

2

5

PAI

306

Teori Belajar dan Pembelajaran

2

6

INS

104

Sejarah dan Kebudayaan  Islam

2

7

PAI

318

Akhlak Tasawuf

2

8

TAR

202

Psikologi Perkembangan

2

9

PAI

305

Ilmu Pendidikan Islam

2

10

TAR

203

Filsafat Ilmu

2

Jumlah

20

  

3. Semester III

NO

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

PAI

317

Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia

2

2

PAI

322

Media Pembelajaran PAI

2

3

INS

109

Ahlussunnah Waljama’ah

2

4

TAR

204

Filsafat Pendidikan Islam

2

5

TAR

208

Psikologi Belajar

2

6

INS

116

Fiqh 2

2

7

TAR

210

TIK

2

8

TAR

211

Strategi Pembelajaran

3

9

TAR

219

Administrasi Pendidikan

2

10

PAI

319

Praktek Ibadah

2

Jumlah

21

4. Semester IV

NO

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

INS

119

Ulumul Hadits

3

2

INS

120

Ulumul Qur'an

2

3

TAR

206

Inovasi Pendidikan

2

4

PAI

310

Materi dan Desain Pembelajaran Akidah Akhlak

2

5

PAI

324

Pengembangan Kurikulum PAI

3

6

PAI

321

Perencanaan Pembelajaran PAI

3

7

TAR

215

Manajemen Pendidikan Islam

2

8

PAI

313

Materi dan Desain Pembelajaran SKI

2

9

TAR

205

Pengembangan Kepribadian

2

10

INS

111

Kewirausahaan

2

Jumlah

23

 

5. Semester V

NO

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

INS

118

Ushul Fiqh

3

2

TAR

217

Metodologi Penelitian Pendidikan

3

3

TAR

214

Supervisi Pendidikan

2

4

TAR

207

Bimbingan dan Konseling

2

5

INS

112

Teori Kepemimpinan

2

6

PAI

307

Masailul Fiqhiyah 1

2

7

TAR 209

209

Etika Profesi Keguruan

2

8

PAI

325

Pendidikan Multikultural/Pendidikan HAM/Kesetaraan Gender

2

Jumlah

18

 

6. Semester VI

NO

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

PAI

301

Hadits Tarbawi 1

2

2

PAI

303

Tafsir Tarbawi 1

2

3

PAI

308

Masail Fiqhiyyah  2

2

4

PAI

320

Penelitian  Tindakan Kelas (PTK)

2

5

PAI

323

Evaluasi Pembelajaran PAI

3

6

PAI

315

- Sistem Pendidikan Pondok Pesantren /

- Pengelolaan Madrasah Diniyah /

- Metode Belajar mengajar Al-Qur’an

2

7

PAI

314

Pengembangan Silabus PAI

3

8

PAI

309

Studi Teks Pendidikan Islam

2

9

INS

113

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

4

Jumlah

22

 

7. Semester VII

NO

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

PAI

302

Hadits Tarbawi 2

2

2

PAI

304

Tafsir Tarbawi 2

2

3

TAR

212

Statistik

3

4

INS

110

Teknik Penulisan Skripsi

2

5

PAI

311

Materi dan Desain Pembelajaran Qur'an Hadits

2

6

PAI

312

Materi dan Desain Pembelajaran Fiqh

2

7

TAR

213

Micro Teaching

2

Jumlah

15

 

8. Semester VIII

NO

KODE MK

NAMA MATA KULIAH

SKS

1

INS

114

Skripsi

6

2

PAI

316

Komprehensif  (Materi PAI)

2

3

TAR

216

Praktek Keahlian

2

Jumlah

10

 

Posting Lainnya:

« Kembali

MUTIARA HADIST
Jadilah Pemimpin Bukan Penguasa :
Dari Ibnu Umar R.a. Berkata: Rasulullah Saw Bersabda, "Kamu Sekalian Adalah Pemimpin Dan Kamu Akan Ditanya Mengenai Kepemimpinanmu. Imam (Penguasa) Adalah Pemimpin Dan Akan Ditanya Mengenai Kepemimpinannya. Seorang Laki-laki Adalah Pemimpin Keluarganya Dan Bertanggung Jawab Mengenai Kepemimpinannya. Istri Adalah Pemimpin Rumah Tangga Suaminya Dan Bertanggung Jawab Atas Kepemimpinannya. Pelayan (buruh) Adalah Pemeliharaharta Majikannya Dan Akan Ditanya Mengenai Pemeliharaannya. Maka Kamu Sekalian Adalah Pemimpin Dan Masing-masing Bertanggung Jawab Atas Kepemimpinannya."