FESTIVAL KEMERDEKAAN KKN IAID DI DESA NASOL

Senin, 15 Agustus 2016 KKN IAID CIAMIS yang bertugas di Desa Nasol menyelenggarakan Festival Kemerdekaan yang terdiri dari 5 mata lomba. Yaitu Tahfidz Al-Qur’an, Akademi muslimah Nasol, Pemilihan Da’i Cilik (Tingkat DTA), Mewarnai (Tingkat PAUD/RA/KOBER), dan Qasidah Rebana (Tingkat Masyarakat). Dari setiap DTA se-Desa Nasol mengirimkan satu orang perwakilan utusan. Ada 14 DTA yang sudah terdaftar di KEMENAG yang ada di Desa Nasol. Namun, tidak semua Diniyah mengirimkan utusan untuk diikutkan lomba. Untuk tingkat PAUD/RA/KOBER banyak sekali yang mengikuti lomba mewarnai, dari tujuh PAUD/RA/KOBER se-Desa Nasol semua siswanya ikut berpartisipasi. Untuk tingkat masyarakat ada 6 grup Qasidah Rebana yang ikut berpartisipasi.

Selain itu, saat anak-anak mengikuti perlombaan orang tuanya mengikuti Seminar Parenting yang disampaikan oleh Ibu Sofia Ratna Awaliyah Fitri, M.Pd.I di Mesjid DKM Nurul Huda Desa nasol.  Seminar Parenting adalah bagaimana pola asuh orang tua terhadap anaknya. Masyarakat Desa Nasol sangat antusias dengan adanya seminar dan perlombaan ini. Para juri perlombaan tidak dari Desa Nasol. Namun, dari luar yang ahli dalam bidangnya.  Tujuan dari perlombaan ini adalah untuk meningkatkan semangat belajar anak dan meningkatkan jiwa kompetitif anak. Pembagian hadiah bagi para pemenang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2016 pada malam resepsi pukul 21.00. Para pemenang perlombaan pun ditampilkan kembali pada malam resepsi. Dengan penuh semangat para peserta KKN terus berjuang sampai akhir acara berjalan sukses. “Kuliah Kerja Nyata ini harus dapat mengaktualisasikan diri anda menjadi pemimpin dan berperan aktif di masyarakat, contohnya dalam mensuskseskan acara festival Kemerdekaan ini dari mulai ilmu, tenaga, sampai materi”, tegas Sholihin (Ketua KKN Nasol). (AAH WASIAH : Mahasiswa Institut Agama Islam Darussalam, Program Studi  Pendidikan Agama Islam)

 

Waspada Perang Pemikiran

Rasulullah Bersabda : "Sungguh Kalian Akan Mengikuti Cara-cara Hidup Umat Sebelum Kalian, Sedepa Demi Sedepa, Sehasta Demi Sehasta, Sejengkal Demi Sejengkal, Sampai Mereka Masuk Lubang Biawakpun, Niscaya Kalian Akan Memasukinya Bersama Mereka". Para Sahabat Bertanya :"Apakah Mereka Itu Yahudi Dan Nasrani, Wahai Rasul". Beliau Menjawab:"Siapa Lagi?!"

TOP