^ Ke Atas
 
HEADLINE:
2018-05-07 10:41:08 - Ijazah Lulusan IAID Terakhir Sudah Terdaftar di Direktori SIVIL Kemenristek Dikti <0> 2018-01-01 09:17:12 - IAID Kembali Luluskan 321 Wisudawan <0> 2017-11-09 12:27:28 - Seminar Ekonomi dan Bisnis Islam : Membangun Entrepreneur di Era Millenial <0> 2017-10-09 12:50:31 - Matrikulasi Program Pascasarjana IAID Ciamis <0> 2017-10-02 09:57:03 - Peletakan Batu Pertama MASKAMP IAID Ciamis <0>
 

BERITA FOTO

2018-04-19 : Peresmian Masjid Kampus IAID Ciamis

Peresmian Maskamp IAID Ciamis

2018-03-03 : Lomba Mading 3 Dimensi yg diikuti oleh Siswa SLTA se Kab Ciamis, diselenggarakan oleh Prodi PGMI IAID Ciamis 3 Maret 2018

Pembukaan Lomba Mading 3Dimensi yg diikuti oleh Siswa SLTA se Kab Ciamis, diselenggarakan oleh Prodi PGMI IAID Ciamis 3 Maret 2018

2018-02-09 : Ani Nuraeni Juara I Mendongeng pada Acara Musyawarah Wilayah Ikatan Mahasiswa PGMI Indonesia se wilayah Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta

Ani Nuraeni Juara I Mendongeng pada Acara Musyawarah Wilayah Ikatan Mahasiswa PGMI Indonesia se wilayah Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta

Anda berada di: Depan > USHULUDDIN
Fakultas Ushuluddin
Diposting pada: 2014-03-25 13:38:30 | Hits : 3137
 

PROGRAM STUDI ILMU AL-QUR`AN DAN TAFSIR (IAT)
FAKULTAS USHULUDDIN  IAID CIAMIS JAWA BARAT

A.  PROFIL

Program Studi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir yang ada di Institut Agama Islam Darussalam Ciamis merupakan Program Studi yang pertama kali berdiri di wilayah Priangan Timur (Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar dan Pangandaran).

Pada tahun 2015, stakholders di lingkungan pondok pesantren Darussalam dan para pimpinan Institut Agama Islam Darussalam Ciamis memiliki keinginan kuat untuk membuka Program Studi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir. Dasar pemikiran ini muncul dikarenakan beberapa faktor berikut:

  1. Institut Agama Islam Darussalam berada di bawah naungan pondok Pesantren Darussalam. Idealnya, kajian Al-Qur`an dan tafsirnya harus menjadi kegiatan pokok di lingkungan Pondok Pesantren.
  2. Di era modern, keinginan dan minat masyarakat untuk mengkaji dan memahami Al-Qur`an semakin tinggi.
  3. Banyak masyarakat yang keliru dan salah langkah dalam memahami Al-Qur`an.
  4. Pengkajian Al-Qur`an di masa sekarang harus dikemas dan disajikan sesuai dengan tuntutan zaman.

Oleh karena itu, Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis merasa perlu untuk membuka Program Studi Studi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, kerja keras dan optimis, di Tahun 2016, Program Studi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir yang bernaung di bawah Fakultas Ushuluddin resmi dibuka dengan turunnya dengan SK pendirian dan Izin Operasional dengan No. 50374 Tahun 2016 oleh Dirjen Pendis Kemenag RI.

Nama Program Studi

:

Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir

Fakultas

:

Ushuluddin

Tanggal Berdiri

:

26 September 2016

SK Penyelenggaraan

:

SK Dirjen Pendidikan Islam No. 5374 Tahun 2016

Tanggal SK

:

26 September 2016

Akreditasi

:

Dalam Proses

SK Akreditasi

:

-

Lama Studi Ideal

:

8 Semester

Jenjang Pendidikan

:

S1

Program Studi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir (IAT) merupakan salah satu Program Studi di Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis yang fokus pada kajian Al-Qur`an dan tafsir sebagai upaya untuk menjaga kekayaan intelektual Islam klasik agar tidak punah tergerus dinamika masyarakat modern yang hedonistik dan materialistik, serta menghasilkan lulusan yang profesional dan mampu bersaing di kancah persaingan global.

 

B.  VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN PROGRAM STUDI ILMU AL-QUR’AN DAN TAFSIR

1. Visi

Menjadi Program Studi Unggul dalam Menggali dan Mengembangkan Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir Berbasis pada Nilai-Nilai Pesantren dan Sosial di Tahun 2036

2. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga ahli di bidang ilmu Al-Qur`an dan tafsir.
  2. Mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk mencari alternatif pemecahan dari masalah sosial keagamaan yang ada di tengah-tengah masyarakat melalui pendekatan Al-Qur`an.
  3. Mengembangkan kajian dan penelitian di bidang Al-Qur`an dan Tafsir, sehingga alumni Program Studi IAT mampu merumuskan metode-metode penafsiran dan pemahaman terhadap Al-Qur`an yang dapat merespon setiap perkembangan jaman.
  4. Menghasilkan karya-karya ilmiah yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu Al-Qur`an dan tafsir, serta menyebarluaskannya kepada masyarakat.
  5. Mempelopori pengembangan keilmuan di bidang ilmu Al-Qur`an dan tafsir dalam kehidupan masyarakat.
  6. Berperan aktif dalam meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap kajian dan pengamalan Al-Qur`an melalui pendidikan dan keteladanan.

3. Tujuan

  1. Keahlian di bidang Al-Qur`an dan tafsir yang bisa bergaul dengan masyarakat dengan memiliki pengetahuan, kepribadian, profesional, dan sosial.
  2. Keahlian dalam penelitian di bidang Al-Qur`an dan tafsir.
  3. Kemampuan dalam memahami Al-Qur`an dan Tafsir sesuai perkembangan zaman.
  4. Kepribadian sosial yang islami, nasionalis, moderat dan berperikemanusiaan.
  5. Kepribadian yang bertanggungjawab dalam berkarir di berbagai lapangan kerja yang digelutinya sesuai dengan keahliannya dengan berlandaskan pada tuntunan Al-Qur`an dan tafsir yang benar.
  6. Kemampuan untuk beradaptasi dalam kehidupan sosial yang berbeda-beda dan di manapun berada.
  7. Kemampuan menulis, presentasi, dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisa informasi/data, dan mencari solusi alternatif secara mandiri dan kelompok dengan menggunakan teknologi informasi untuk keberlangsungan belajar seumur hidup.

4.  Sasaran dan Strategi Pencapian

  • Sasaran Prodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir
    • Menghasilkan lulusan (sarjana S1) yang berpengetahuan, berkepribadian, profesional dan berjiwa sosial.
    • Memiliki sumber daya manusia dosen dan tenaga kependidikan yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka
    • pelaksanaan kegiatan pendidikan, pembelajaran, serta pelayanan administrasi dan kemahasiswaan.
    • Memiliki sarana dan prasarana pendidikan dan pembelajaran yang lengkap dan memadai sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.
  • Terlaksananya kegiatan ilmiah seperti penelitian, seminar, simposium dan workshop, serta kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
    • Startegi Pencapian Prodi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir
    • Melaksanakan sistem penjaminan mutu yang dapat menghasilkan tercapainya pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran yang efektif, kreatif dan menyenangkan, serta penilaian kinerja terhadap dosen dan tenaga kependidikan yang berkala.
    • Menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pembinaan bagi dosen tetap dan tenaga kependidikan dalam rangka peningkatan pelaksanaan pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pelayanan administrasi dan kemahasiswaan.
    • Mengoptimalkan dan memperluas jaringan Program Studi dengan melakukan kerjasama dengan lembaga dan pihak lain yang dibutuhkan dalam menunjang pengembangan Program Studi.
    • Mengimplementasikan rencana strategis Institut dan Fakultas.

C. DOSEN TETAP

NO

NAMA DOSEN

NIDN

1

Safruroh, S.Th.I., M.Pd.I.

2117088201

2

Titin Yuniartin, S.Th.I., M.Pd.

2124068001

3

Wiwin Siti Aminah Rohmawati, S.Ag, M.Ag

2105067503

4

Iwan Setiawan, S.Ag., S.Pd.I., M.A.

2106038102

5

Otong Suhendar, Lc., M.Hum.

2122128502

6

Usep Nur Akasah, Lc., M.Hum.

2108098502

7

FAHMY FARID PURNAMA, M.HUM.

2101078503

 D. PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN

Sistem pembelajaran pada Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar dan hierarkinya. Pendekatan dan metode Pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang tepat, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis, bereksplorasi, berkreasi dan bereksperimen tapi dengan memanfaatkan aneka sumber.

Adapun strategi pembelajaran bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain: brainstorming, chalk talk, poster comment/poster session, jigsaw, active debate, information search, Homeproject, resitas. Proses pembelajaran di atas didukung oleh media pembelajaran berbasis informasi, teknologi, dan komunikasi.

Sedangkan tugas dosen bekerjasama dengan para fungsionaris/staf Prodi, lembaga Institut/Fakultas ataupun mahasiswa dalam menciptakan suasana akademik adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun instrumen dan perangkat perkuliahan yang meliputi silabus, SAP/RPKPS, kontrak perkulihan dan bahan ajar di awal perkuliahan.
  2. Menerapkan metode pembelajaran konstruktivisme serta menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, sehingga mahasiswa lebih proaktif dan tidak pasif.
  3. Menjadikan mahasiswa mempunyai tantangan untuk mengembangkan potensi kempetensinya dan menjadikan mahasiswa lebih efisien dalam belajar.
  4. Memberikan kemudahan mahasiswa untuk mendapatkan materi perkuliahan serta memberikan wawasan global kepada mahasiswa atas setiap informasi.
  5. Melakukan evaluasi pembelajaran yang lebih tepat dalam menilai kompetensi lulusan.
  6. Melakukan interaksi akademik antara sivitas akademika demi tercapainya pembelajaran yang baik.
  7. Merancang program dan kegiatan akademik dan non-akademik (di dalam maupun di luar kelas) untuk menciptakan suasana akademik berupa seminar, simposium, lokakarya, bedah buku, penelitian bersama, pengenalan kehidupan kampus, dll.
  8. Membangun interaksi akademik antara dosen dan mahasiswa, antar sesama mahasiswa, serta antar dosen.
  9. Mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk menjadi pegiat kerukunan dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi.
  10. Mendorong dan memberi bimbingan mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah dan program kreativitas mahasiswa.
  11.  Mendukung terselenggaranya suasana akademik yang kondusif bagi dosen maupun mahasiswa dalam melakukan proses kegiatan proses belajar/mengajar serta untuk mengadakan kegiata-kegiatan ilmiah secara akademik.
  12.  Dalam melaksanakan pengabdian masyarakat, dosen melakukan koordinasi yang bersifat vertikal maupun horizontal dengan lembaga intern Fakultas dalam hal ini pihak Bidang Akademik, maupun lembaga ekstern Fakultas, yaitu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

Dalam rangka menciptakan suasana akademik yang kondusif di lingkungan kampus, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir menyelenggarakan beberapa program dan kegiatan sebagai berikut, meliputi:

  1. Program bimbingan khusus berupa tahsin Al-Qur`an bagi mahasiswa yang belum memiliki kompetensi bacaan Al-Qur`an sesuai standar yang berlaku.
  2. Program Tahfizh Al-Qur`an yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin menghafal Al-Qur`an, bekerjasama dengan Markaz Tahfizh Al-Qur`an Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis.
  3. Program kajian tafsir Al-Qur`an.
  4. Program peningkatan kompetensi IT, dilaksanakan melalui praktikum komputer.
  5. Program peningkatan kompetensi keilmuan berupa stadium general, seminar, bedah buku, simposium, lokakarya, dan sebagainya.
  6. Program peningkatan kompetensi kebahasaan, dilaksanakan melalui pelatihan TOEFL (Test of English as Foreign Language) dan pelatihan TOAFL (Test of Arabic as Foreign Language).
  7. Praktek profesi mahasiswa (Field Work Practice) disiapkan untuk mahasiswa dengan bimbingan para dosen terkait di dalam perkuliahan dengan terlebih dahulu diberikan fasilitas-fasilitas praktikum maupun penyediaan kemitraan praktikum.
  8. Penelitian bersama mahasiswa (Joint Research) yang bersifat intensivitas akademik, misalnya dari pemerintah maupun instansi-instansi lainnya. Jika dianggap mampu, mahasiswa dapat diikutsertakan dengan arahan dari dosen untuk berperan aktif di dalamnya.

Selain menyelenggarakan beberapa program dan kegiatan yang dilakukan di dalam lingkungan kampus, Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir juga menyelenggarakan beberapa program yang dilakukan di luar lingkungan kampus, yang meliputi:

  1. Program peningkatan kompetensi keilmuan berupa seminar, simposium, lokakarya, studi banding, dan penelitian.
  2. Program peningkatan kompetensi profesi mahasiswa yang dilaksanakan melalui kegiatan magang.
  3. Program pengabdian masyarakat berupa bimbingan dan peningkatan pemahaman keagamaan dan kehidupan sosial masyarakat pedesaan dan kota.

E. EVALUASI PEMBELAJARAN

Setiap mata kuliah yang diajarkan senantiasa dilakukan evaluasi penilaian oleh dosen yang mengampu mata kuliah tersebut. Penilaian dilakukan pada saat Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Masing-masing ujian tersebut dijadwalkan oleh Program Studi mengacu kepada kelender akademik, dan diumumkan kepada mahasiswa sehingga mahasiswa dapat mempersiapkan dan merencanakan jadwalnya sendiri. Setelah ujian dilaksanakan, dosen melakukan pembahasan soal-soal yang diujikan tersebut sehingga mahasiswa dapat mengetahui hasilnya. Penilaian dilakukan dosen secara transparan, akuntable, dan objektif dengan menggunakan acuan sebagai berikut:

  1. Tugas Mandiri, berupa: kehadiran, penugasan, dan antusias dalam mengikuti perkuliahan
  2. Tugas Terstruktur, berupa: tugas pada setiap pertemuan/perkuliahan
  3. Ujian Tengah Semester, berupa: test tertulis atau lisan
  4. Ujian Akhir Semester, berupa tes tertulis atau lisan      

Untuk pola penilaian meliputi:

  1. Penilaian produk: test, book report, dan makalah
  2. Penilaian proses: non test, performance assesment pada pengalaman belajar/portofolio, jurnal, learning log, self assesment, peer assesment.

 Rentang nilai yang dipakai beserta bobotnya yang dipakai adalah sebagai berikut:

NILAI ANGKA

NILAI HURUF

NILAI BOBOT

KETERANGAN

80 – 100

A

4.00

Sangat baik

70 – 79

B

3.00

Baik

60 – 69

C

2.00

Cukup

50 – 59

D

1.00

Kurang

49 >

E

0.00

Tidak lulus

F. SUMBER BELAJAR

Sumber belajar dalam perkuliahan meliputi buku paket/buku ajar, buku primer dan sekunder berbahasa Indonesia dan asing, jurnal, e-journal, artikel, website ilmiah (online), surat kabar dan softwareyang mendukung.

 

 

 

Posting Lainnya:

« Kembali

MUTIARA HADIST
Membahagiakan Saudara Kita :
Rasulullah Bersabda, 'Barangsiapa Berjalan Memenuhi Keperluan Saudaranya Dan Menyampaikan Keinginannya, Maka Itu Lebih Besar (pahalanya) Daripada Iktikaf Di Masjid Selama 10 Tahun, Sedangkan Orang Yang Iktikaf Satu Hari Untuk Mencari Keridhaan Allah, Maka Allah Akan Jadikan Penghalang Antara Ia Dan Neraka Tiga Parit Yang Jauhnya Lebih Dari Dua Ufuk Timur Dan Barat'.